Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

BKKBN, Sosialisasi Program GENRE Di SMAN 1 Peureulak

Sabtu, 21 April 2018 | 4:11 pm
Reporter: Muhammad Thaib
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 296

Foto : para pelajar SMAN 1 Peureulak, di Aula SMAN 1 Peureulak pada acara sosialisasi Pogram GENRE oleh BKKBN Prov Aceh, Sabtu (21 April 2018)

Foto : Dr. Zulfikry, MMkes, saat memberikan arahan dan bimbingan sebagai pemateri pada acara BKKBN Prov Aceh, di Aula SMAN 1 Peureulak, Sabtu ( 21 April 2018).

 

Aceh Timur LintasPe-

Pentingnya pembinaan ketahanan keluarga serta mengoptimalkan fungsi keluarga serta meningkatkan kualitas anak dengan pemberian akses imformasi, pendidikan, dan penyuluhan tentang perawatan, pengasuhan serta perkembangan anak, selain itu meningkatkan kualitas remaja dengan membuka ruang dan akses konseling pelayanan kehidupan berkeluarga.

Pada Sabtu Pagi ( 21 April 2018) di Aula Sekolah Menegah Atas (SMAN 1 ) Kecamatan Peureulak, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Aceh (BKKBN) yang bekerja sama dengan GENRE (Generasi Berencana) melakukan kegiatan Sosialisasi bagi Pelajar SMAN 1 Peureulak.

Turut juga hadir para pemateri di antaranya, Dr. Zulfikry, MMkes. (Kabid P2P Dinkes Aceh Timur), Ir. Nur Zikra Hayati. ( Kabid KSPK Perwakilan BKKBN Aceh), dan Bripka DEDE Chandra Kanit I Sat Narkoba Polres Aceh Timur, serta seluruh pelajar SMAN 1 Peureulak.

Dr. Zulfikry, MMkes, dalam bimbingannya kepada pelajar yang hadir mengatakan, pemahaman untuk mengetahui syarat Fungsi reproduksi sehat , yakni tidak adanya kelainan anatomis dan Fisiologi dan kondisi kesehatan jiwa baik oleh karenannya kehamilan aman, oleh karenannya dibutuhkan persiapan pra nikah, selain itu juga penting terhadap Tips guna untuk menjaga kesehatan reproduksi seperti, tidak boleh mencuci alat kelamin wanita dengan cairan pembilas wanita, tidak memakai panty liner dalam waktu lama, pergunakan pembalut ketika menstruasi dan diganti setelah 4 jam atau setelah kencing dan bagi laki – laki salah satu cara paling sehat dalam menjaga kebersihan alat kelamin adalah dengan berkhitan.

Bagi Para remaja / pelajar, Dr. Zulfikry, berharap untuk betul – betul dapat memahami segala resiko bila melakukan sex pra nikah yang akan berdampak kepada, Kehilangan keperawanan / perjaka, tertular IMS / ISK, kehamilan tidak diinginkan akan memicu terjadinya pengguguran kandungan (Aborsi) sehingga resikonya, Kerusakan rahim, Infeksi rahim, Infertilas, pendarahan, Konplikasi berujung kematian, “Jelas Zulfikry.

Ditempat yang sama, Ir. Nur Zikra Hayati, dari Perwakilan BKKBN Aceh, menjelaskan, UU Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, BKKBN dengan Program Kependudukan Keluarga berencanan, pembangunan keluarga (KKBPK) melaksanakan kegiatan sosialisasi bagi para remaja / pelajar untuk dapat memahami musuh laten hidup sehat remaja yakni dengan menghidari, Nikah dibawah umur sebagai akibat putus sekolah dan pengangguran, yang akan menjadi prilaku seksual menyimpang diakibatkan oleh pornografi, kecanduan narkoba, dan mudah terimveksi HIV/ AIDS karena kurangnya pengetahuan, sehingga akan menjadi rendahnya produktifitas menyongsong bonus demografi dan persaingan global.

Bribka DEDE Chandra, dari Sat Resnarkoba Polres Aceh Timur, juga memberikan pemahaman kepada para pelajar untuk tidak terlibat secara langsung menggunakan narkoba atau jenis lainnya termasuk perdagangan narkoba kepada adik – adik usia pelajar dan para remaja, sebab hal tersebut akan merefek negative terhadap kesehatan mental, selain itu juga akan berurusan dengan hokum, “kata Dede Chandra.

Salah seorang perwakilan BKKBN Aceh, Fahmi, SE, selaku panitia kepada media lintas Pe- yang memantau kegiatan Sosialisasi program GENRE di Aula SMAN 1 Peureulak, mengatakan, kami selaku panitia pelaksanan sangat berterimakasih kepada adik – adik pelajar SMAN 1 Peureulak, para Pemateri, yang dengan serius dapat memebrikan bimbingan dan pemahaman bagi para pelajar terkait masalah yang menyangkut dengan pencegahan perkawinan dini / atau pranikah oleh kalangan remaja dan pelajar, “ Kata Fahmi. (M.Thaib)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.