Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Ketua DPRA Aceh Tgk Muharuddin Hadiri Kenduri Blang Di Blang Seupeng Jeumpa Bireuen

Senin, 15 Oktober 2018 | 11:57 pm
Reporter: Saumi
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 158

Foto : Tgk Muharuddin (tegah) yang didampinggi oleh Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Bireuen Drs. H. Jailani, MM dan Sekcam Kecamatan Jeumpa Tarmizi Sp.

Foto : Ketua DPRA Tgk Muharuddin sumbangkan ambal yang diterima oleh tokoh masyarakat.

Foto : Para undangan kenduri blang (sawah) desa blang seupeng, Ketua DPRA Tgk Muharuddin, didampinggi Pak Camat Kecamatan Jeumpa ( baju dinas) dan Kasdim 0111 Bireuen.

 
 
Bireuen Aceh, LintasPe-
 
Acara kenduri sawah (blang) yang dilaksanakan bertempat pada kuburan sejarah Raja Jeumpa Desa Blang Seupeng Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen, ketua panitia zulfaizil juga ikut dihadiri oleh Ketua DPRA Tgk Muharuddin S,Sos, dan Muspika ples. Senin 15/10/2018.
 
Kegiatan kenduri blang (sawah) tersebut Ketua DPRA Tgk Muharuddin sekalian ziyarah ke makam Raja Jeumpa, ribuan para undangan menghadiri acara kenduri blang di Desa Blang Seupeng Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen.
 
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Tgk Muharuddin S.Sos mengatakan sangat senang, masih adannya adat seperti ini yakni kenduri blang yang dilakukan oleh masyarakat Desa Blang Seupeng Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Dengan masyarakat memanenkan padi yang unggul, tambahnya Ketua DPRA dalam kesempatan berbicara didepan para undanagan.
 
Aceh hari ini masih menggunakan beras inpor, nah inilah tugas kita untuk membuat satu wadah atau badan hukum agar Aceh jangan lagi mengunakan beras impor. Pungkasnya.
 
Maka harapan mudah-mudahan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten akhirnya bisa membantu para petani, inilah cara yang dilakukan oleh kejrun, maka saya yakin dengan kokompakan kita insya allah, bireuen bisa maju disegi pertanian.
 
Dikuburan raja jeumpa ini kita ambil kembali simpena itu agar kita semua bisa menjaga adat istiadat kenduri tersebut. Supaya kedepan Aceh bisa jadi Aceh yang benar benar Aceh. 
 
Ketua DPRA Tgk Muharuddin ditengah masyarakat langsung merespon tentang 3 hal yang sangat diperlukan untuk dilokasi kuburan jeumpa, ini akan di anggarkan pada anggaran tahun 2019. Demikian kita akan usahakan bersama sama untuk membangun lokasi Raja Jeumpa yang sangat dibutuhkan seperti jalan masuk ke kuburan, juga adannya tangga untuk naik ke lokasi kuburan dan satu balai.
 
Harapan dengan bersama sama kita gotong royong, budayakan kembali oleh karena itu kenduri blang untuk pembangunan ekonomi masyarakat. Kami yakin dan percaya masa depan Kabupaten Bireuen mendapatkan berkah dari Allah, amin yarabbal alamin. Akhir kata Tgk Muharuddin Ketua DPRA. (Saumi)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.