Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Nausa Kita Berlayang 2018 diselenggarakan di Lokasi Persawahan Bangka Rimung

Minggu, 22 April 2018 | 12:33 am
Reporter: Muhammad Thaib
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 257
Foto : Para peserta lomba layang tradisional Gampong Bangka Rimung 2018. Di lokasi lomba layang (21 April 2018).

Foto : Para peserta lomba layang tradisional Gampong Bangka Rimung 2018. Di lokasi lomba layang (21 April 2018).

Aceh Timur LintasPe-

Tunang Layang Tradisional yang sudah menjadi sebuah permainan yang sangat asik dikalangan masyarakat Aceh pada umumnya selama ini sudah menjadi barang sedikit langka, pasalnya tradisi perlombaan tunang layang sudah jarang-jarang diselenggarakan, bermain permainan tradisional selalu mengasyikkan, kata salah seorang peserta lomba layang yang dilaksanakan oleh panitia Tunang Layang Gampong Bangka Rimung, Kecamatan Peureulak tahun 2018, pada Sabtu ( 21 April 2018) di lokasi persawahan yang sudah selesai panen, menurutnya lomba/ tunang layang tradisional ini merupakan tradisi tunang permainan tersebut adalah tradisi turun-temurun di Aceh.

Panitia Lomba Layang tunang 2018 di lokasi lomba dipersawahan Gampong Bangka Rimung, Hasanusi, pada LintasPe- menjelaskan, “Lomba layang yang kami selenggarakan adalah merupakan bentuk kepedulian Bapak T. Nausa, salah seorang calon anggota parlemen DPR – RI dari Partai Nasden dapil 2 Aceh pada Pileg 2019 mendatang, kegiatan yang kami laksanakan selama Delapan (8) hari sebanyak 100 peserta yang turut ambil bagian, dan pada hari ini Sabtu 21 April 2018 adalah acara puncak yakni final dan hanya 16 peserta setelah sebelumnya menyelesaikan babak penyisihan”. Kata Hasanusi.

Dibabak final kami panitia nantinya akan memberikan hadiah berupa piala serta dana pembinaan yang sudah kita persiapkan bagi para pemenang lomba, selaku panitia kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak T. Nausa yang telah mensponsori perhelatan tunang layang tradisional yang kita laksanakan, dan semoga untuk masa datang kegiatan yang serupa  dapat kembali terlaksana”. Ujar Sanusi.

T. Nausa, Caleg DPR – RI dapil 2 Aceh Partai Nasdem Periode 2019 – 2024, Via kontak online, kepada LintasPe- menjelaskan, Sisi positif Tradisi dan Budaya Aceh yang sudah melekat erat di tengah-tengah masyarakat hendaknya dapat dibuka kembali, seiring perjalanan masa era baru yang dibarengi dengan kemajuan teknologi yang berkembang secara sedikit-sedikit telah mengikis keberadaan tradisi dan budaya di masyarakat. Tunang Layang Tradisional, salah satu dari tradisi masyarakat Aceh yang selama ini sudah hampir langka di telan masa, padahal perhelatan lomba layang tradisional merupakan ajang pemerstu masyarakat satu kampong dengan kampong yang lainnya”. Kata T. Nausa.

“Oleh karenanya mari kita mencoba membangkitkan kembali kegiatan lomba yang sifatnya tradisional yang sudah mengakarumput di kalangan masyarakat untuk dapat berkembang menjadi sebuat ajang silaturahmi dan hiburan rakyat, kami rasa masih banyak bentuk-bentuk lomba tradisional yang sudah hilang untuk kita bangkitkan kembali”. Kata T Nausa.( M.Thaib)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.