Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Panitia Kenduri Blang Kecamatan Jeumpa Bireuen “Akan Mengadakan Syukuran Sawah”

Minggu, 7 Oktober 2018 | 12:29 pm
Reporter: SR
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 108

Foto : Sekcam Jeumpa Tarmizi, baju merah ketua paniti Kenduri blang dan dikelilingi para kejrun blang.

Foto : Sekcam Jeumpa Tarmizi, baju merah ketua paniti Kenduri blang dan dikelilingi para kejrun blang.
 
Bireuen LintasPe-
 
Rapat panitia kejrun blang(sawah)  untuk dilaksanakan kenduri sawah didesa blang seupeng yang hadir semua kepala desa yang ada di kecamatan jeumpa jum’at 05 oktober 2018 bertempat menasah setempat.
 
Dibuka dan dipimpin langsung oleh sekcam kecamatan jeumpa.. Tujuan Dari Kenduri Blang dari kenduri blang di adakan adalah untuk membentuk sebuah keluarga besar yang nantinya akan membantu dalam hal penanaman dan pengutipan hasil. 
 
Katannya ketua panitia kenduri balng yang didampingi Sekcam Jeumpa tarmizi. Ini dilakuakn misalnya disalah satu kecamatan atau disalah satu gampong, dimana gampong tersebut mengundang masyarakat sekita dan gampong tetangganya sehingga membentu sebuah keluarga yang sangat besar.Sabtu, 07 Oktober 2018.
 
Harapan kedepan kemukinan kuta jeumpa adat yang sudah berjalan dapat di pertahankan ke anak cucunya. Setiap mego blang itu hasil yang melimpah dan adannya berkah.
 
Dapat diikuti oleh desa lain melajukan bersama kenduri yang telah ditetapkan oleh mukim masing masing. Laporan panitia, jadwal kenduri turun sawah di kuburan raja jeumpa.
 
Dengan resmi panitia lama dibubarkan, dan hasil rapat terpilih lagi panitia lama yang tepercaya Ketua panitia yufaidir, adapun tujuan untuk kebersamaan dari ua kemukiman blang blahdeh dan kuta jeumpa membuat kenduri turun sawah tahunan, dana dari petani melalui kejeunblang masing berjumlah 23desa. 
 
Yang durencanakan pada 15 oktober 2018 dikuburan raja jeumpa desa blang seupeng. Harapan untuk kekompatan dan kebersamaan megigat tradisi. Semoga dengan ini membawa berkah bagi petani.(Sr).

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.