Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Danrem 044/Gapo Tinjau Kebakaran Lahan Di Banyuasin

Minggu, 7 Oktober 2018 | 12:18 pm
Reporter: Red
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 107

BANUASIN SUMSEL, LintasPe-

Komandan Komano Resort Militer (Danrem) 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. yang juga menjabat sebagai Komandan Satgas Karhutbunla Provinsi Sumatera Selatan melakukan peninjauan langsung ke titik terjadinya kebakaran di wilayah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Sabtu (6/10/2018).

Kunjungan Danrem 044/Gapo ini didampingi Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, S.T., M.M., Kapenrem 044/Gapo Mayor Inf Aris Barunawan dan Danramil 430-03/Mariana Kapten Kav Suherman dengan menggunakan kendaraan darat. Kunjungan ini dilakukan setelah ditemukan titik api yang mengakibatkan dua hari terakhir Kota Palembang diselimuti kabut asap. Titik api tersebut berada di Desa Pulau Semampu dan Desa Rambutan Kec. Rambutan Kab. Banyuasin.

Melihat kondisi ini, Dansatgas langsung mengambil tindakan dengan mengerahkan Sub Satgas Darat dengan personel perkuatan dari Yonif 141/AYJP sebanyak 30 orang, Babinsa Kodim 0430/Banyuasin dan personel dari BPBD, Manggala Agni serta masyarakat peduli api di wilayah Banyuasin. Selain itu Sub Satgas Udara juga mengerahkan Helikopter untuk melakukan water bombing di tempat yang sulit dijangkau dari darat.

Danrem 044/Gapo melalui Kapenrem 044/Gapo Mayor Inf Aris Barunawan mengatakan, bahwa tim dari TNI yang tergabung dalam Satgas Darat berjibaku dan memastikan tim dan relawan siaga api terus-menerus melakukan pemadaman api. “Memang kondisi asap khususnya di Kota Palembang sudah dua hari terakhir sangat terasa, dan hari ini (Sabtu) titik api baru ditemukan di dua titik yang besar dan langsung dilakukan penindakan yang disaksikan langsung oleh Dansatgas,” kata Kapenrem.

Ditambahkannya, untuk titik api di wilayah Banyuasin ini, menurutnya sudah mengalami penurunan setelah dilakukan patroli dan pemadaman secara terpadu dan terus melakukan sosialisasi akibat bencana kebakaran kepada masyarakat. Tapi kali ini tiba-tiba muncul api yang sangat besar ditempat yang sulit dijangkau. “Dalam penanganan Karhutbunla ini, Satgas telah melakukan pemetakan lokasi daerah rawan dan sangat rawan Karhutbunla, seperti di wilayah Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin dan di wilayah Banyuasin ini,” terangnya.

Dalam kasus kebakaran ini, Tim Sub Satgas Penegakan Hukum juga melakukan tindakan dengan pemasangan garis Police Line dan peringatan guna dilakukan penyidikan, karena disinyalir kebakaran lahan ini akibat disengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. (Red/Ril)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.