Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

DPR RI dan BPKP RI Puji Keberhasilan BumDes Sumber Rejo

Selasa, 19 Februari 2019 | 10:00 pm
Reporter: Red/Rilis
Posted by: Lintas Peristiwa
Dibaca: 544

 

MUBA SUMSEL, LintasPe-

Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Sumber Rejo mendapatkan pujian langsung dari Ketua Komisi XI DPR RI , Ir H Achmad Hafisz Tohir dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI), Dr Ardan Adiperdana Ak MBA CAbCfrA.

Pasalnya, atas keberhasilan BumDes Sumber Rejo yang dibangun menggunakan Dana Desa tercatat mampu meraup omzet hingga Rp.209 Juta per-bulan. BumDes mart ini sendiri dikelola pangsung oleh masyarakat Sidorejo Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin.

Dikatakan Hafisz Tohir dalam kunjungannya, BumDes Sumber Rejo sangat layak diapresiasi, karena terbukti dana desa telah dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat di sini.

“Kades merupakan ujung tombak pengelolaan dana desa, maka dari itu kades harus bisa jadi penggerak ekonomi masyarakat di Republik indonesia. Kalau kita tidak bisa lebih dari pendapatan menengah maka akan sulit di tahun 2038 mendatang, pendapatan perkapita kita harus bisa ditingkatkan, salah satunya upaya adalah dengan tersedianya Anggaran Dana Desa. Pengelolaan BumDes ini salah satu upaya yang tepat, “ujarnya.

Senada dengan Ketua Komisi XI, Kepala BPKP RI Dr Ardan Adiperdana Ak MBA CAbCfrA, juga mengapresiasi atas keberhasilan BumDes Sumber Rejo. Dijelaskannya tugas BPKP sesuai dengan Perpres 192 tahun 2014, yaitu bagaimana mengawasi keuangan dan pembangunan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui program-program yang telah disetujui DPR RI.

“Kami dituntut untuk mengawasi akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan, disini Dana Desa. Kami beharap program desa yang luar biasa ini bisa benar-benar memberikan manfaatnya, “ucapnya saat tinjau BumDes Sumber Rejo, Selasa (19/2/2019).

“Saya sangat mengapresiasi BumDes Sumber Rejo dengan modal 100 juta bisa pinjam 500 juta ke bank dan menghasilkan laba hingga 400 juta, jika bisa juga melaporkan audit keuangan nya dengan transparan kepada masyarakat merupakan lebih dari luar biasa lagi. Saya berharap program luar biasa bisa mensejahterahkan masyarakat, karena itulah tujuan Undang-Undang Desa dibuat oleh Para Anggota DPR RI, “ujarnya.

Sementara itu Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi mengatakan Kecamatan Keluang ini termasuk daerah unggul, banyak potensi sumber daya alam yang dihasilkan, contohnya saja di A4 pernah mendapatkan pengakuan Rekor Muri atas kualitas sawitnya.

“BumDes Sumber Rejo memang telah layak diapresiasi, paling berani dan nekad mendirikan BumDes mart, saya dulu menekankan agar 227 desa menghidupkan BumDes. Maka kami tetapkan BumDes Sumber Rejo terbaik walau kita masih banyak kekurangan, tapi kami harapkan agar kunjungan ini dapat memberikan masukan agar BumDes semakin baik dan ditularkan bagi BumDes daerah lain, “tukasnya.

Acara kunjungan tersebut turut dihadiri Deputi Kepala Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP RI, Drs Gatot Darmasto AK MBA CRMA CA CFrA, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumsel, Gillbert AH Hutapea serta Kepala DPMD, Disdagperind, Diskoperasi UKM Kabupaten Muba, Camat Keluang, 13 Kades dalam Kecamatan Keluang,serta Direktur Bumdes Sidorejo, Sadirun

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.