Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Kabupaten Muba Jajaki Sister City dengan salah satu kota di Oklahoma

Senin, 18 Februari 2019 | 9:54 pm
Reporter: Red/Rilis
Posted by: Lintas Peristiwa
Dibaca: 220

JAKRATA, LintasPe

Selain mempercepat dan menuntaskan pembangunan infrastruktur serta meningkatkan taraf kehidupan petani, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin juga telah mengantongi agenda besar untuk meningkatkan potensi pariwisata di Bumi Serasan Sekate.

Diketahui, Konsul Jenderal RI untuk Houston Amerika Serikat, Dr Nana Yuliana didampingi Staf Konsulat Jenderal RI untuk Houston Amerika Serikat Bidang Informasi, Sosial dan Budaya Romanna Sirait bakal mensinergikan Kabupaten Musi Banyuasin dengan salah satu kota di Oklahoma, Amerika Serikat menjadi Sister City (Kota Kembar).

“Kan antara Muba dan perkotaan di Oklahoma ini banyak kesamaan. Nah, selain itu juga nantinya akan dilakukan project pariwisata khususnya pariwisata Sungai, antara Muba dan San Antonio di Texas dalam pengelolaan pariwisata sungai yang sangat berpotensi,” ungkapnya di sela bertemu dengan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Senin (18/2/2019).

Dijelaskan, kota kembar atau sister city ini adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan ekonomi, budaya dan kontak sosial antarpenduduk serta pendidikan.

“Kota kembar umumnya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Konsep kota kembar bisa diumpamakan sebagai sahabat pena antara dua kota. Hubungan kota kembar sangat bermanfaat bagi program pertukaran pelajar dan kerjasama di bidang budaya dan perdagangan,” ulasnya.

Nana menilai, pihak Konsulat Jenderal RI untuk Houston Amerika Serikat sudah melakukan pengkajian dan penelitian di Muba untuk menunjuk Muba salah satu daerah di Indonesia yang pantas dan pas menjadi kota kembar dengan salah satu kota di Oklahoma.

“Disamping itu juga komitmen pak Bupati Dodi Reza ini terhadap project sustanaible dan go green menjadi indikator yang kuat untuk menguatkan kerjasama kedua belah pihak tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengaku Pemkab Muba akan siap dan mendukung penuh tawaran dari Konsulat Jenderal RI untuk Houston Amerika Serikat untuk digandeng bersama Oklahoma menjadi sister city. Apalagi tahun ini Indonesia dan AS merayakan 70 Tahun hubungan diplomatik.

“Banyak nantinya kerjasama yang bisa dijajaki, mulai dari pengembangan budaya hingga hal-hal yang dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan daerah khususnya ekonomi,” tuturnya.

Kemudian, Dodi menyebutkan Kabupaten Muba juga akan gencar meningkatkan potensi pariwisata sungai dan oleh sebab itu pihak Konsulat Jenderal RI untuk Houston Amerika Serikat menunjuk Kabupaten Muba untuk bersama San Antonio di Texas, Amerika Serikat bersinergi dalam hal tersebut.

“Banyak nantinya pariwisata sungai di Muba yang akan dikembangkan termasuk salah satunya water front dan river walk yang akan dijadikan destinasi sungai kebangaan orang Sumsel khususnya Muba,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pada 2 Mei 2019 mendatang Bupati Muba yang Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumsel diminta pihak Konsulat Jenderal RI untuk Houston Amerika Serikat untuk menjadi pembicara Renewable Energy Symposium (Energi terbarukan) Indonesia-USA di Houston Amerika Serikat sebagaimana diketahui Houston merupakan kota energi capital dunia dimana banyak perusahan minyak berkantor di wilayah tersebut.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.