Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Sering Dilakukan Penertiban Pasar, Pedagang Tetap Membandel Letakan Barang Dagangan Di Jalan

Sabtu, 4 Agustus 2018 | 12:34 pm
Reporter: Muhammad Thaib
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 152

Foto : kondisi jalan di pasar peureulak yang tampak sempit karena dagangan para pedagang di letakan di badan jalan Sabtu (04 Agustus 2018)

Foto : kondisi jalan di pasar peureulak yang tampak sempit karena dagangan para pedagang di letakan di badan jalan Sabtu (04 Agustus 2018)

 

Aceh Timur LintasPe-

Beginilah kondisi jalan di pasar peureulak Aceh Timur, sudah sering dilakukan penertiban oleh pihak pemerintah daerah. Muspika Kecamatan bersama pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Sat – Pol PP) di bantu pihak kepilisian dan koramil dalam menertipkan pedagang tidak menggunakan jalan pasar untuk meletakan barang dagangan di pasar peureulak, namun arahan tersebut tetap di abaikan oleh para pedangang.

Pantauan lintasperistiwa.com di pasar peureulak, Sabtu ( 4 Agustus 2018), terlihat barang dagangan para pedagang di letakan di atas badan jalan pasar, sehingga mempersempit ruang gerak pengendera yang melewati jalan tersebut dan parkir kenderaan saat berbelanja, selain itu efeknya juga rentan dengan bersenggolan kenderaan dikarenakan jalan sempit.

Bila dilihat langsung lebar jalan pasar peureulak dengan luas 4 Meter, namun hanya tersisa 1,5 Meter saja, selebihnya sudah di gunakan para pedagang meletakan barang dagangannya

Kabid Trantib umum Sat Pol PP Aceh Timur, T. Amran, SE, saat di minta tanggapanya mengataka, kami pihak Sat Pol PP Aceh Timur kapan saja siap untuk menertibkan para pedagang yang menggunakan pasilitas Negara untuk kepentingan umum yang di pakai para pedagang meletakan barang dagangannya dan menertiban lainnya, namun arahan dari pihak muspika yang lebih peka terhadap kondisi internal wilayah kerja masing – masing untuk membuat surat resmi kepada pihak Sat Pol PP dalam hal penertiban pasar, “Kata T. Amran.

Sudah bukan rahasia umum, masyarakat umumnya para pedagang tidak memahami yang mana kepentingan umum dan kepentingan pribadi, sehingga terkesan disengaja untuk melakukan dan memhambat keleluasaan masyarakat pengguna jalan, padahal bila kita tinjau di setiap lokasi pasar ruang meletakan barang di setiap tempat berjualan masih kosong, tapi dengan gampangnya mereka meletakan barang daganggannya di atas badan jalan yang secara pasti mengganggu pengguna jalan, “ujarnya.

Abdul Aziz, SE. M,Si, ditanya permasalahan pasar peureulak yang para pedagang meletakan barang dagangannya melalui Handphone, menjelaskan bahwa pihaknya muspika dan Sat Pol PP serta dibantu pihak Polsek dan Koramil telah melakukan menertiban satu minggu lalu, tapi para pedagang malah membandel, sudah selesai penertiban kembali lagi dengan tindakan yang mengganggu kelancaran umum oleh pedagang, padahal kita telah menghimbau dengan santun namun tetap di abaikan, bagai mana seharusnya yang kami lakukan, “Kata Camat Peureulak.

Kalau memang begitu dalam waktu dekat kami juga akan melaksanakan penertiban kembali untuk selanjutnya, disatu sisi masyarakat melaporkan kondisi ini kepada pihak kami di sisilain para pedagang juga belum ada kesadarannya untuk tidak lagi menggunakan pasilitas umum untuk tempat barang daganngan atau lainnya, ini dilemma kita sebagai penyelenggara pemerintah bila tegas kita dianggap kurang baik namun sebaliknya bila santun juga tidak dianggap positif, “kata Abdul Aziz.

Kami juga berharap kepada masyarakat khusus para pedagang hendaknya bersamasama menjaga ketertiban umum untuk kepentingan kita bersama, sehingga tidak ada merasa dirugikan satu sama lainnya, Tutup Camat Peureulak. ( Muhammad Thaib)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.