Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Buka Lahan Tanpa Bakar, Bupati Muba Wajibkan Dana ADD Beli Peralatan Para Petani

Selasa, 25 Juni 2019 | 10:48 am
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 669

Suasana pembukaan Peda KTNA se Sumatera Selatan di Muba. Selasa (25/06/2019)

Suasana pembukaan Peda KTNA se Sumatera Selatan di Muba. Selasa (25/06/2019)

MUBA LINTASPE-

Bupati Muba mewajibkan seluruh Kepala Desa untuk menggunakan dana Alokasi Dana Desa (ADD) untuk membelikan peralatan yang di pergunakan para petani untuk membuka lahan tanpa bakar.

“Ini wajib dilakukan. Kalau tidak, ADD nya tidak saya cairkan apabila tidak membelikan bantuan inventarisasi kepada para petani dan pekebun yang ada di Muba ini”, ucap H. Dodi Reza Alex Noerdin dalam sambutannya pada acara Pembukaan Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) se – Sumatera Selatan XIII, di gelanggang remaja Sekayu. Selasa (25/06/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Muba menyatakan secara simbolis kesiapan untuk menghadapi siaga kebakaran hutan dan lahan, yang akan di tetapkan satu siaga didalam provinsi Sumsel.

“Muba akan siap siaga dan mensupport serta memberikan edukasi, kepada warga masyarakatnya untuk tidak membuka lahan dengan membakar”, tegas Dodi.

Dengan melarang masyarakat, sambungnya. Dan memberikan pendidikan tapi pihaknya juga memberikan solusi kepada para petani tradisional agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Memasuki musim kemarau ini, dengan kendali Pemerintah Provinsi, Kabupaten Muba siap untuk siaga, siap memberikan manfaat dan edukasi kepada warganya untuk dapat menjaga karhutlah menjadi bencana yang minimal”, ujarnya.

Lebih lanjut, ia ucapkan selamat datang, selamat menikmati Kota Sekayu kepada para KTNA Se – Sumsel. “Muba ini banyak sekali potensi, luar biasa pertanian dan perkebunan nya, peremajaan pertanian di lakukan pertama kali dilakukan Presiden Joko Widodo di Muba, penggunaan aspal karet di inisiasi di Muba dan akan terus ditingkatkan demi kesejahteraan petani karet, dan di Muba ada jumputan gambo”, beber orang Nomor satu di Muba ini.

Acara ini dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru, Menteri Pertanian RI yang diwakili oleh Badan penelitian dan pengembangan Pertanian, Dr. Ir. Fadjry Djufry M.Si, Ketua Umum KTNA RI Ir. H. Winarno Tohir, Ketua KTNA Sumsel H. M Basyir D.A, Ketua KTNA Muba Abusari Burhan SE SH, Bupati Muratara Syarif Hidayat, Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan, Wakil Wali Kota Lubuk Linggau Sulaiman Tohar, Wakil Bupati Banyuasin Selamet Somosentono, dan para OPD dan FKPD Muba.

Dan diikuti para KTNA dari Kota Lubuk Linggau, Kota Pagar Alam, Kota Prabumulih, Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kabupaten Organ Ilir, Kabupaten OKI, Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten Pali, dan Kabupaten Muba.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.