Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Dandim 0403/OKU Hadiri Upacara Peringatan Hari Kalahiran Pancasila

Kamis, 30 Mei 2019 | 11:16 am
Reporter: red.rill.penremgapo
Posted by: redaksi
Dibaca: 97
Wabup OKU Drs. Johan Anuar SH sebagai inspektur upacara
Wabup OKU Drs. Johan Anuar SH sebagai inspektur upacara
Wabup OKU Drs. Johan Anuar SH sebagai inspektur upacara

 

Penrem 044/Gapo, 30 Mei 2019

Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, S.Sos. menghadiri upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang digelar di halaman Kantor Bupati Ogan Komering Ulu (OKU). Upacara yang digelar pada Rabu (29/5/2019) tersebut, juga dihadiri oleh Kapolres OKU AKBP Dra. NK Widayana Sulandari, Wakil Ketua DPRD OKU Ferlan Yuliansyah ID Murod, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Denni Arsan, S.H., Ketua Pengadilan Agama Baturaja dan Kejaksaan Negeri OKU.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar SH MM., sedangkan Komandan Upacara adalah Kapten Czi Handayani yang sehari-hari menjabat sebagai Danramil 403-12/Baturaja.

Wakil Bupati OKU Johan Anuar yang membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia mengungkapkan Pancasila mampu menyatukan kita sebagai satu bangsa dan hidup dalam NKRI. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia.

”Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, berkat Pancasila yang berlandaskan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah”, kata pria yang akrab disapa JA ini.

Peringatan hari kelahiran Pancasila tak bisa dipisahkan dari perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. “Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”, lanjutnya.

Dikatakan JA, semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. “Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila”, jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, S.Sos. menambahkan, bahwa upacara peringatan Hari kelahiran Pancasila ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, TNI bersama rakyat Indonesia, menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para founding fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini.”Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika, kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan anak bangsa yang selalu menjaga persatuan dan kesatuan”, pungkasnya.(red.rill.penremgapo)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.