Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Dengan Program TMMD Di Desa Sungai Ceper OKI, Kehidupan Masyarakat Semakin Meningkat

Senin, 2 April 2018 | 8:34 pm
Reporter: Red./Penrem 044/Gapo
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 171

Pelaksanaan programMembangun Desa (TMMD), juga melanjutkan pembangunan Masjid. Senin.(2 April 2018)

Pelaksanaan programMembangun Desa (TMMD), juga melanjutkan pembangunan Masjid

OKI Sumsel Penrem Gapo LintasPe –  

Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 101 tahun 2018 Kodim 0402/ OKI, dalam kegiatan fisik selain membuka jalan penghubung antara Dusun V dengan Dusun VIII Desa Sungai Ceper sepanjang 10 Km di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), program TMMD ini juga melanjutkan pembangunan Masjid yang belum rampung selama 25 tahun di Dusun I Desa Sungai Ceper.

Sedikitnya ada 150 orang anggota TNI yang tergabung dalam kegiatan TMMD ke- 101 tahun 2018 yang dilaksanakan di Kodim 0402/ OKI dibantu masyarakat Desa Sungai Ceper di darat dan laut berjibaku secara bergotong-royong membuat jalan baru sepanjang 10km dengan lebar 5 meter dan pembangunan atau rehab Masjid Baiturrahman di Dusun I Desa Sungai Ceper.

Komandan Kodim 0402/ OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos. melalui Danramil 402 – 13/ Sungai Menang Kapten Chb Jauhari mengatakan, pembangunan atau rehab Masjid ini bertujuan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat di bidang rohani. Rehap ini merupakan kebutuhan yang sudah lama diinginkan warga setempat, karena tempat ibadah ini memang sudah mendesak untuk dilakukan renovasi dan perehapan. “Adapun hal yang kita lakukan terhadap Masjid Baiturrahman di Dusun I Desa Sungai Ceper ini yakni, melakukan pemasangan rangka baja teras masjid, pemasangan plafon, pemasangan keramik, melamir dinding luar dan dalam masjid, kemudian dilanjutkan pengecatan baik dinding bagian luar dan dalam”,  jelasnya.

Ditambahkan Kapten Jauhari, kegiatan rehab Masjid ini melibatkan prajurit bersama warga masyarakat setempat dengan cara bergotong royong, diharapkan proses pengerjaan dapat cepat diselesaikan sebelum memasuki bulan Ramadhan. “Kegiatan ini juga dapat semakin mendekatkan TNI dan masyarakat di Bumi Bende Seguguk”,   ujarnya.

Tokoh masyarakat Jauhari Matingin (55) mengatakan perbaikan Masjid Baiturahman seluas 25×25 meter yang sudah 25 tahun pembangunannya terhenti, dengan melakukan pemasangan plafon,  pengecetan,  plester dinding,  atap kaki lima, pemasangan keramik,  serta program lainnya yang sangat membuka wawasan dan kesehatan masyarakat. Menurutnya para anggota TNI sangat semangat bekerja tanpa mengenal lelah, selain itu masyarakat juga turut membantu seperti memotong kayu, mengecat dan sebagainya.

Bahkan dikatakan Jauhari,  di Desanya juga dilakukan kegiatan penyuluhan oleh para Tentara mengenai wawasan kebangsaan, penyuluhan bidang hukum, penyuluhan bidang pertanian,  pengobatan gratis,  sunatan massal,  difteri,  penyuluhan bahaya narkoba, tausiah,  yasinan dan sebagainya. “Alhamdulillah berkat program  TMMD ke – 101 di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten OKI, Desa kami tak terisolir lagi.  Ucapan syukur ini kami sampaikan beribukali kepada TNI dan pihak terkait, hanya Allah SWT yang bisa membalas budi baik mereka,” ujar Jauhari yang terharu hingga menitikkan air mata karena perubahan di Desanya.

Kepala Desa Sungai Ceper Kaharno, S.H. sangat berharap dengan terbukanya akses jalan sehingga perekonomian makin meningkat,  harga komoditi karet dan sawit meningkat,  terciptanya pertanian sawah di lahan warga,  bahkan anak-anak tak perlu lagi bersekolah SMP dan SMA-nya menyeberang sampai ke Desa Wiralaga, Desa Brabasan, Desa Tanjubgraya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung. “Karena disini hanya ada SDN 1 dan 2 sementara SMP dan SMA harus “merantau” yang paling dekat 30 menit menyeberang ketek dan 1 jam naik motor ke Desa Wiralaga Lampung bisa setiap hari pulang, sementara kalau mau Sekolah ke Kayuagung atau Palembang harus ngekos,” ungkap Kaharno.

Kalau akses jalan ini benar-benar bisa dilewati hanya 30 menit naik motor untuk sekolah dan tak perlu lagi naik ketek. Bahkan para siswa  seringkali tercebur ke kanal kalau ketek melebihi muatan. Kami sangat berterima kasih dengan Tentara.  Kedepan setelah ada jalan darat, Pemkab OKI bisa melanjutkan untuk pengaspalan dan membangun SMP dan SMA disini, “harapnya”. (Red./Penrem 044/Gapo)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.