Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Dinahkodai Pimpinan Baru, Lapas Sekayu Terus Berbenah

Rabu, 13 Mei 2020 | 8:04 am
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 181

Suasana gedung lapas Sekayu tampak dari depan. Rabu (13/05/2020)

Suasana lapangan olahraga yang sudah direhab dengan cor beton. Rabu (13/05/2020)

MUBA LINTASPE-

Dengan hadirnya wajah baru, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus berbenah untuk memperbaiki fasilitas pelayanan publik yang ada di area dalam maupun luar Lapas.

Dibawah kepemimpinan Kalapas Sekayu yang baru, Pudjiono Gunawan SH M.Si mengajak seluruh petugas untuk berkomitmen bersama – sama bahu – membahu membangun Lapas, sehingga menjadi tolak ukur Pemasyarakatan di wilayah Sumsel dan meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dinahkodai pimpinan baru, Lapas Sekayu melakukan beberapa pembenahan pada pelayanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yaitu di mulai dari area parkir dilakukan penataan, pengecatan pagar dan dinding Kantor, perbaikan flapon blok – blok hunian warga binaan, ruang kunjungan yang dibuat lebih nyaman, tempat bermain anak yang layak juga disiapkan untuk para tamu kunjungan.

Bukan hanya itu saja, alur kunjungan untuk pengunjung prioritas (Lansia, Ibu Menyusui dan Disabilitas) pun tak luput dari perhatian, dari mulai tempat duduk prioritas di ruang kunjungan, loket pengunjung prioritas, hingga jalur disabilitas pun disiapkan untuk pengunjung prioritas.

Serius dalam rehabilitasi, lapangan sepak bola, volly dan bulutangkis pun sudah dicor beton. Selain itu, Gelang tag RFID (Radio Frequency Identification) menjadi salah satu terobosan terbarunya, yang digunakan untuk melakukan penghitungan jumlah penghuni dengan berbasiskan teknologi, serta memperbanyak CCTV yang awalnya 15 buah, di tambahkan menjadi 45 buah dengan kualitas gambar yang lebih bagus dan bersuara, diletakkan setiap sudut dalam lapas dan terpantau 1×24 jam oleh pegawai.

Pihaknya juga sudah menyiapkan sarana – prasarana guna menghindari adanya pencaloan berupa kunjungan dengan berbasis IT yakni mesin antrian yang langsung dapat memverifikasi wajah pengantri, serta layar monitor berisikan informasi – informasi tentang tata cara cuti bersyarat, cuti menjelang bebas, pembebasan bersyarat ,tata cara kunjungan dan hak-hak lainnya ataupun layanan-layanan lainnya yang kita berikan di Lapas kelas IIB Sekayu ini.

“Kita akan tingkatkan pelayanan kunjungan, agar lebih nyaman tempat menunggunya dan memberikan pelayanan yang lebih ramah dengan informasi – informasi yang kita berikan untuk membantu keluarga nya yang ada didalam”, ucap Kalapas Sekayu.

Dengan anggaran yang sangat minim, inovasi lain pun akan ia buat ialah gelang kaki elektrik yang terbuat dari besi untuk warga binaan yang bekerja di luar guna mengantisipasi warga binaan yang kabur akan dengan sangat mudah dilacak, dan juga alat pengaman berupa sinar laser untuk di pasang di pagar keliling, jika sinar leser itu dilewati orang, maka alarm nya akan berbunyi.

“Kami akan upayakan terus perbaikan ini agar lebih baik lagi walau dengan menggunakan Anggaran DIPA Lapas Sekayu yang terbatas dan terus memberikan pelayanan yang optimal. Kami juga berharap para pengguna fasilitas yang ada di Lapas klas IIB Sekayu untuk menjaga kebersihan dan merawat apa yang telah kami siapkan. Kebersihan bukan hanya untuk dilihat tetapi juga untuk dirasakan”, ucap Pudji.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.