Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

DWP Muba Berbagi Resep Abon Lele

Jumat, 14 September 2018 | 9:58 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 87

Kemasan abon lele yang telah jadi di pajang di acara pertemuan rutin bulanan DWP. Jumat (14/09/2018)

Plt  Ketua DWP DPMD Muba, Hj Siti Sulaiha, sedang memaparkan cara membuat abon lele di gedung dharma wanita. Jumat (14/09/2018)

Muba Sumsel LintasPe-

Dhama Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar pertemuan rutin bulanan di gedung Dharma Wanita Sekayu. Berbeda dengan tema sebelumnya, kegiatan hari ini di isi dengan materi pengolahan ikan lele sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga. Jumat (14/09/2019)

Pengelolahan ikan lele ini, sebagai implementasi program pemerintah “Gemar Makan Ikan”, selain itu ikan lele mudah diperoleh dengan harga terjangkau dan asupan gizi yang terkandung setara dengan ikan salmon.

Dalam kesempatan tersebut, Plt  Ketua DWP Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba, Hj Siti Sulaiha, membagikan resep membuat Abon Ikan Lele, DWP menyulap lele menjadi kuliner yang bernilai ekonomis, karena selama ini ikan lele hanya biasa digoreng.

“Banyak manfaat dari ikan lele, karena memiliki banyak vitamin. Selain itu juga ikan lele bisa diolah menjadi berbagai makanan ringan seperti kerupuk, stik lele, abon lele, pangsit lele dan es kepal lele”, paparnya.

Adapun, sambungnya bahan untuk membuat abon lele yakni ikan lele segar 2kg, gula pasir 200 gram, jahe 100 gram, bawang putih 100 gram, bawang merah 100 gram, lengkuas 50 gram, sereh 3 batang, ketumbar 10 gram, daun salam 3 lembar, jeruk nipis 2 buah, garam secukupnya dan minyak goreng 2 liter.

“Cara membuatnya, ikan lele yang sudah dibersihkan direndam dengan air es yang telah diberi air jeruk selama 1-2 jam, lalu kukus. Air kukusan diberi jahe untuk menghilangkan bau amis, setelah matang kemudian dinginkan sebentar. Untuk selanjutnya, dipisahkan daging daer tulang lalu ditumbuk atau disuwir – suwir menggunakan garpu hingga berbentuk adonan alus”, terangnya.

Lebih lanjut, tumis bumbu – bumbu yang sudah dihaluskan, ditambahkan sere, jahe, lengkuas, dan daun salam. Tambahkan gula pasir dan garam. Masukkan ikan lele yang sudah di suwir, aduk – aduk hingga bumbu meresap. Siapkan minyak goreng dalam wajan, goreng sedikit demi sedikit adonan hingga berwarna kecoklatan, lalu tiriskan.

“Abon lele yang sudah digoreng kemudian di keringkan dengan spinner. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar minyaknya. Setelah di spinner abon lele disuwir – suwir lagi, lalu dikemas dalam kemasan yang kedap udara agar abon bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya.” tambahnya. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.