Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Hadapi Karhutlah, Utamakan Pencegahan Bukan Penanganan

Rabu, 10 Juli 2019 | 2:51 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 102

Danrem 044/Gapo hadiri pembukaan TMMD di kecamatan Batang Hari Leko. Rabu (10/07/2019)

Danrem 044/Gapo hadiri pembukaan TMMD di kecamatan Batang Hari Leko. Rabu (10/07/2019)
MUBA LINTASPE-
 
Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) yang terjadi selama ini sebagian besar faktor akibatnya adalah karena ulah manusia. Untuk itu, perlu diutamakan pencegahan bukan penanganan. Demikian disampaikan Komandan Korem 044 / Garuda Dempo Kolonel Arh. Sonny Septiono saat diwawancarai usai upacara pembukaan TMMD ke – 105 di SP3 Desa Bukit Sejahtera Kecamatan Batang Hari Leko Kabupaten Musi Banyuasin. Rabu (10/07/2019).
 
“Setelah dianalisa dan dipelajari, penyebab kebakaran selama ini 99 persen adalah ulah manusia, sisanya itu yaitu alam. Artinya kita cari manusia yang suka membakar dan kita cari solusi nya”, ungkap Sonny.
 
Dalam hal ini, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin yang telah mengeluarkan kebijakan tentang anggaran dana desa, guna membantu masyarakat yang tidak mampu untuk membuka lahan tanpa membakar.
 
“Ya, yang tadinya mau membakar, tapi karena diberi alat untuk membuka lahan, masyarakat bisa menggunakan alat tersebut. Ini sungguh luar biasa dan akan kita upayakan untuk Pemda yang lain”, ucapnya.
 
Karhutlah sudah di prediksi dari BMKG, sambung Danrem. Bulan Juli, Agustus, September sudah memasuki musim kemarau. Dan di Sumsel, 1512 personil gabungan dari TNI, Polri, BNPB dan masyarakat telah dipersiapkan untuk mengantisipasi terjadinya karhutlah tahun ini.
 
“Khusus di Muba 100 orang kita perkuat. Selain dari anggota Kodim 0401/ Muba dan BNPB, kita akan perkuat dari Kodim lain untuk diletakkan disini. Konsepnya sama dengan TMMD, di tempat kan di desa – desa atau dirumah – rumah penduduk yang rawan karhutlah biar menyatu. Disitu kita utamakan pencegahan bukan penanganan”, tambahnya.
 
Dengan ditambahkannya pasukan dari Kodim lain, ia berharapa tidak terjadi lagi kebakaran. “Jika itu terjadi, ya sudah kecolongan donk. Ya, Dandim nya harus angkat tangan aja dari sini”, singgung Danrem. 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.