Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Ini Dia Kesiapan TMMD Kodim Muba

Selasa, 2 Juli 2019 | 3:08 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 208

Foto bersama usai rapat koordinasi dengan FKPD Muba di aula Makodim. Selasa (02/07)

Suasana rapat koordinasi dengan FKPD Muba di aula Makodim. Selasa (02/07)

Suasana rapat koordinasi dengan FKPD Muba di aula Makodim. Selasa (02/07)

MUBA LINTASPE –

Dalam upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah – daerah yang tertinggal, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud operasi bakti yang merupakan program kerjasama lintas sektoral antara TNI, Kementerian / Lembaga Pemerintah Non Kementerian, dan Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan.

TMMD Kodim 0401/Muba sebelumnya telah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar di Desa Purwosari Kecamatan Lais ditahun yang lalu. TMMD kali ini, akan dilaksanakan di Desa SP 3 Bukit Sejahtera Kecamatan Batang Hari Leko Kabupaten Muba secara terpadu melalui proses perencanaan secara integral dan komprehensif untuk mewujudkan ruang juang dan Kemanunggal TNI Rakyat.

TMMD yang merujuk tema “Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” ini akan dilaksanakan selama satu bulan penuh sejak tanggal 10 juli hingga 8 agustus 2019 dengan dua kesiapan sasaran yakni sasaran fisik dan non fisik.

“Sasaran yang ini dicapai adalah dengan terpeliharanya kesinambungan pembangunan di daerah, lancarnya percepatan pembangunan Pemkab Muba khususnya insfrastruktur jalan, tercapainya kondisi wilayah bebas narkoba dan organisasi terlarang, dan mampu menjadi pusat pengembangan bidang pertanian”, ujar Pasi Ter Kapten Arm. Afryanto dalam paparannya pada rapat koordinasi FKPD Kabupaten Muba di aula Makodim 0401/Muba. Selasa (02/07/2019).

Disampaikan Pasi Ter, sasaran fisik yang akan dilaksanakan ini di antaranya pembukaan jalan (P= 5,5 KM x L = 10M), pembuatan badan jalan (P = 13 KM x L = 8 M) , rehap berat jembatan besi (P = 24 KM x L = 14 M, pembuatan gorong-gorong diameter 60 cm dan tembok penahan P = 24 M di 4 titik dan perkerasan jalan gunakan krokos sepanjang P = 1,5 KM x L = 4 M.

“Sedangkan sasaran non fisik yakni Baksos berupa pelayanan KB dan pengobatan gratis, pemutaran film perjuangan / sejarah, penyuluhan agama, penyuluhan kesehatan dan gizi, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan radikalisme, pertandingan volly, penyuluhan bela negara”, beber Afryanto.

Selain dari itu, dalam kegiatan ini juga telah di siapkan sarana pendukung seperti rumah kades sebagai ruang transit, lapangan desa sebagai Pos Kotis TMMD, Lapangan Bola sebagai lapangan upacara pembukaan dan penutupan TMMD, balai desa sebagai ruang penyuluhan non fisik, dan 16 rumah yang akan dijadikan tempat penginapan personil TNI di rumah penduduk setempat.

“16 rumah yang akan ditempati tersebut yakni rumah Aruji, Soleh Bahtiar, Diwan, Eko Narno, Warniati, Narto Kadus, Ngadimin, Sudirman, Surimin, Tatang, Toheri, Triyono, Marwan, Haneman, Senen, dan Yugistri”, terangnya. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.