Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

“Jangan Panik” PDP Asal Tanah Abang PALI, Belum Tentu Positif COVID-19

Sabtu, 16 Mei 2020 | 7:48 pm
Reporter: Hendri Irdianto, SH
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 1087
Photo Ilustrasi.

Photo Ilustrasi. Sabtu, (16/05/2020).

Photo  Ilustrasi.
Photo Ilustrasi. Sabtu, (16/05/2020).

 

Pali LintasPe –

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 asal Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berjenis kelamin laki-laki umur (60), berdasarkan hasil rapid tes di Rumah Sakit Bunda Kota Prabumulih di nyatakan positif, pada hari kamis, (14/05/2020).

Meskipun dinyatakan positif, rapid tes bukan merupakan acuan pasien di nyatakan positif COVID-19.

“Kalau di bilang positif COVID-19 untuk saat ini belum karena yang benar-benar jadi patokan standart adalah hasil swab, dan saat ini kita masih menunggu hasilnya yang mungkin membutuhkan waktu 7-10 hari kedepan, tapi jika dikatakan PDP itu benar, kita harus ingat tidak semua pasien PDP itu pasti positif COVID-19”, ungkap Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kab. PALI, dr. Zamir Alvi, SH. M.Kes. Sabtu, (16/05/2020).

PDP dari Kec. Tanah Abang ini sudah di tangani sejak tanggal 14 Mei 2020 di ruang isolasi RS. Bunda Prabumullih dan untuk keluarga pasien sudah di lakukan pemeriksaan melalui Rapid Tes dan hasilnya negatif serta sudah di isolasi mandiri.

“Untuk pasien mulai tanggal 14 mei kemaren sampai saat ini di rawat di ruang isolasi RS Bunda Prabumullih, tadi pagi kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap keluarga pasien, ada sebanyak sembilan (9) orang sudah rapid tes  hasilnya negatif semua. Untuk selanjutnya pihak keluarga telah di lakukan isolasi mandiri dan dinas sosial juga telah memberikan bantuan paket sembako untuk selama proses karantina, saat ini kita sedang melakukan penelusuran terhadap kemungkinan pasien ada kontak dengan orang lain” ujar dr. Zamir Alvi. SH. M.Kes.

Riwayat perjalanan PDP tidak ada, dan selama ini ada riwayat sakit sesak nafas.

“Riwayat perjalanan tidak ada, tapi  sebelum wabah pasien memang ada riwayat sakit sesak nafas”, tambah dr. Zamir.

Untuk masyarakat Kab. PALI khususnya Kec. Tanah Abang jangan panik, salah satu penentu pasien Positif COVID-19 yaitu hasil swab bukan Rapid tes, dan semoga Kab. PALI tetap Zona Hijau.

“Masyarakat PALI khususnya Kec. Tanah Abang jangan panik atau pun resah karena satu-satunya cara untuk mengatakan pasien itu positif atau bebas corona adalah dari hasil swab di palembang, jadi bukan di tentukan dari rapid tes. Jadi mari kita semua tetap mengikuti protokol covid-19 dengan selalu gunakan masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, hindari tempat keramaian, makan yang bergizi agar daya tahan bagus, dan yang terpenting kita sama-sama berdoa agar pasien pdp hasil swabnya negatif”,  himbau dr. Zamir Alvi. SH. M.Kes yang merupakan Kepala Puskesmas Talang Ubi.(Hendri Irdianto, SH)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.