Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban Mulai Marak

Sabtu, 18 Juli 2020 | 3:24 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Winda Camelia
Dibaca: 303
Suasana Herman sedang melakukan pengecekan sapi di kandang. Sabtu (18/07/2020)

Suasana Herman sedang melakukan pengecekan sapi di kandang. Sabtu (18/07/2020)

Suasana Herman sedang melakukan pengecekan sapi di kandang. Sabtu (18/07/2020)

MUBA  SUMSEL LINTASPERISTIWA.COM –

Dua pekan mendekati Hari Raya Idul Adha, penjualan hewan kurban mulai marak. Ini merupakan moment yang menjanjikan bagi para pedagang sapi dan kambing kurban untuk memanen rupiah dalam satu tahun sekali. Mengapa tidak, masyarakat banyak yang mencari Sapi dan Kambing untuk Kurban di Hari Raya Idul Adha.

Salah satu pedagang hewan kurban H. Herman Munir saat ditemui awak media lintaspe, dijalan Muara Teladan Lk III Rt 34 Rw 10 Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin mengatakan bahwa hewan – hewan baik sapi maupun kambing kurban yang ia jual berkualitas, yang dirawat dengan baik dan bersih.

“Alhamdulillah di kandang kami ini untuk pemotongan sehari-hari itu rutin diperiksa oleh dinas pertanian dan peternakan melalui dokter hewannya. Memberinya makan pun sesuai anjuran dokter hewan dan diperiksa kesehatannya tiga hari sekali oleh dokter hewan”, ujarnya.

Sudah puluhan tahun, sejak Sekolah Menengah Atas (SMA) ia melakoni pekerjaan sampingannya menjual sapi dan kambing kurban untuk melayani kebutuhan masyarakat, dari usaha keluarga yang kecil-kecilan hingga sekarang bisa melayani kebutuhan masyarakat yang lebih besar dan lebih luas lagi.

Disampaikannya bahwa mengenai harga hewan, ditentukan dari bobot hewan dikalikan dengan harga per kilo yang sudah ditentukan penjual. Makin berat bobot hewan, maka makin mahal pula harga hewan tersebut.

“Untuk harga sapi yang layak, kami jual perekor berkisar sekitar 14 juta hingga 50 juta, namun rata-rata sesuai kebutuhan masyarakat dengan harga 15 juta perekor. Sedangkan kambing berkisar 2,6 juta hingga 5 juta, untuk harga bisa nego”, tambahnya.

Untuk penjualan tahun ini, tidak terlalu banyak penurunan dari tahun – tahun sebelumnya, lebih lanjut. Pihaknya bisa menyediakan layanan sapi kurban sampai 120 ekor dan kambing 150 ekor.

“Alhamdulillah untuk pesanan tahun ini, sudah mencapai 60 ekor. Mudah-mudahan tidak terlalu mengalami penurunan untuk jumlah pesanan ekornya. Hanya saja, kami mengambil harga yang lebih rendah dari tahun lalu kisaran Rp. 500.000 per ekor, baik dari petani penghasil sapi maupun kita sendiri dari penjualan ini”, harap Herman.

Saat pandemi covid ini, dikatakannya. Penurunan harga relatif sedikit, cuma dari segi harga masyarakat banyak lebih memilih sapi – sapi yang lebih murah dibanding tahun-tahun yang lalu.

Untuk jenis sapi impor harganya tetap sama seperti tahun-tahun yang lalu tidak ada peningkatan ataupun penurunan

“Ada penurunan harga yang kami tawarkan kepada masyarakat karena memang untuk mendongkrak animo masyarakat agar bisa membeli. Terjadi nya pembeli ini, masyarakat yang biasanya mengambil sapi yang harga 20 juta tapi tahun ini dia mengambil harga 18 juta”, ungkapnya.

Herman menambahkan bahwa pihaknya juga menyediakan layanan perawatan atau pemeliharaan hewan qurban yang anda pesan dan siap antar alamat.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan hewan kurban, kami siap membantu, silahkan datang atau hubungi kami contact person H. Herman Munir 081278440313, Agung Setya Budi 082184932471”, pungkasnya.

Sementara itu, Debby salah satu pelanggan setia sejak tahun 2015 mengatakan bahwa dirinya sudah 5 tahun berlangganan disini. Menurutnya, di banding tempat lain disini relatif lebih murah dan hewannya juga berkualitas.

“Selama ini saya beli tanpa cek lokasi, tinggal pesan handphone lalu diantar kerumah. Ya, hanya tahun ini kami cek langsung ke lokasi, dan ternyata tempat nya memang bagus dan terpelihara”, ujar Debby.

Untuk tahun – tahun sebelumnya, Debby memesan kambing 2 hingga 3 ekor kambing, namun untuk tahun ini dirinya bisa memesan sapi dan kambing.

“Saya berkurban karena saya muslim. Untuk hitungan saya itu sudah wajib. Alhamdulillah untuk tahun ini, kami mampu kurban sapi dan kambing”, bebernya.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.