Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Kadis Perikanan Atim Sebut Kita Sudah Masuk Krisis Hutan Bakau.

Rabu, 8 Januari 2020 | 8:05 pm
Reporter: M. Thaib
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 190
Asisten II Setdakab Atim, Kadis Perikanan, Muspika Kec. Peureulak, Lakukan Penanaman Pohon Bakau di Pantai Gampong Matang Pelawi Atim.

Asisten II Setdakab Atim, Kadis Perikanan, Muspika Kec. Peureulak, Lakukan Penanaman Pohon Bakau di Pantai Gampong Matang Pelawi Atim. Rabu (08/01/2020)

Asisten II Setdakab Atim, Kadis Perikanan, Muspika Kec. Peureulak, Lakukan Penanaman Pohon Bakau di Pantai Gampong Matang Pelawi Atim.
Asisten II Setdakab Atim, Kadis Perikanan, Muspika Kec. Peureulak, Lakukan Penanaman Pohon Bakau di Pantai Gampong Matang Pelawi Atim. Rabu (08/01/2020)

 

Aceh Timur LintasPe –

Sudah menjadi tradisi Adat dalam kegiatan rutin setiap tahunnya warga masyarakat Gampong Matang Pelawi, Kacamatan Peureulak kawasan pesisir Pantai. Rabu, (08/01/2020) di Balai Pertemuan Gampong Matang Pelawi.

“Kegiatan Kenduri Laut, merupakan tradisi Adat Gampong dilakukan untuk dapat diberikan keberkatan Olah Allah SWT atas segala aktifitas masyarakat saat melaut guna mencari rezeki sebagai nelayan, dan dapat memelihara kesatuan dan persatuan warga bagi yang beraktifitas sebagai nelayan”. Kata Barbawi, Kepala Desa Gampong Matang Pelawi.

Barmawi juga menambahkan, “selain syukuran kenduri laut, pihaknya juga melakukan penanaman pohon Bakau dari partisipasi pihak Polsek Peureulak Kota, yang nantinya akan berfungsi untuk dapat melestarikan di lingkungan pesisir pantai dari abrasi sejalan dengan program Bereh oleh Pemerintah Aceh”. Ujar Barmawi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Asisten II Setdakab Aceh Timur, Usman, A Rahcman, Kadis Perikanan Aceh Timur, Syawaluddin, Anggota DPRK PA Aceh Timur, Fattah Fikri, Kasat Pol Air, AKP P.Limbong, Camat Peureulak, Nasri, Kapolsek AKP, M. Nawawi, Danramil, Kapten Inf Suharno, Tokoh Pemuda, tokoh masyarakat serta masyarakat Gampong Matang Pelawi.

Kapolsek Peureulak, AKP, M. Nawawi,  dalam arahanya sekaligus menyampaikan, “bahwa Intruksi Kapolri Jendral Pol, Drs Idham Azis, M.Si, Kepada seluruh jajaran Kepolisian di seluruh Tanah Air agar mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian pantai demi keutuhannya sekaligus dapat menjaga segala bentuk berbagai pencemaran secara keseluruhanya di lingkungan pesisir pantai”.

“Asisten II Setdakab Aceh Timur, Usman A. Rachman, atas nama Bupati Aceh Timur, meminta kepada seluruh masyarakat di pesisir pantai wilayah Aceh Timur agar dibina secara terus menurus agar dapat di kembangkan untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat secara keseluruhanya dengan berbagai upaya disektor perikanan”. Kata Asisten II.

Usman A. Rachman, juga berharap kepada masyarakat agar menjaga hutan bakau di sekitar pantai yang hari ini masuk dalam kegiatan penanamanya di acara kenduri pantai untuk dapat bermamfaat untuk masa depan kita.

Kadis Perikanan Aceh Timur, Ir, Syawaluddin, pada kesempatan itu, juga mengatakan, “Aceh Timur saat ini sedang mengalami krisis hutan bakau, hampir disepanjang wilayah Aceh Timur mengalami abrasi pantai, sehingga akan berdampak pada rentanya lingkungan akan abrasi yang terus menerus berlangsung mengikis seputaran pinggiran pantai, oleh karenanya, diharapakan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian pantai dengan kesadaran menanam pohon bakau seperti yang dilakukan Gampong Matang Pelawi pada hari ini”. Kata Syawaluddin.

“Kami memberikan apresiasi kepada Kades Matang Pelawi yang telah melakukan start menanam pohon bakau di pantai, semoga dapat di contoh desa lainya dipinggiran pantai sepajang wilayah Aceh Timur”. Ujarnya.

Ditambahkannya “selain penanaman hutan bakau, kami juga akan turut mengembangkan, karena para petani tambak saat telah memberikan kontribusi yang cukup baik, lebih kurang 30 ribu ton pertahunya hasil petani tambak dengan nilai perputaran ekonomi 700 M bagi petani tambak dapat dikatakan pahlawan ekonomi didalam pengembangan sektor perikanan oleh petani tambak”. Kata Kadis Perikanan.

“Dan Untuk tahun 2020, pihak Dinas Perikanan Aceh Timur akan mengajak masyarakat pesisir untuk dapat menambah kegiatan dengan produksi Garam dengan program Geram (Garam Masyarakat), ini juga akan membantu ekonomi masyarakat”. Ujarnya (M.Thaib)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.