Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Kapolres Muba Dukung 100% Penegakan Perda Pesta Rakyat

Rabu, 12 September 2018 | 11:30 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 238

Kapolres Muba sedang memaparkan penegakan Perda Pesta Rakyat, di Opproom Pemkab Muba. Rabu (12/09/2018).

Suasana penandatangan MoU penegakan perda pesta malam di opproom pemkab Muba. Rabu (12/09/2018)

Muba Sumsel LintasPe-

Polres Muba siap mendukung penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2018, dimana Polri sebagai wadah koordinasi dan pendampingan pada penegakan Perda. Demikian yang disampaikan oleh Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM dalam paparannya pada acara penandatanganan nota kesepakatan bersama tentang penegakan Perda Pesta Rakyat, di Opproom Pemkab Muba. Rabu (12/09/2018).
 
“Saya berkomitmen untuk pesta malam ini, saya mendukung 100 persen untuk tidak diberlakukan. Untuk itu, saya meminta semuanya peduli, jangan tinggal diam terkait pesta malam ini karena disinilah maraknya peredaran Miras, narkoba, perkelahian sampai terjadinya pembunuhan, porno aksi dan perjudian”, tegas Kapolres.
 
Kegiatan – kegiatan kepolisian dilaksanakan berdasarkan Undang – undang (UU) No. Tahun 2002 tentang Kepolisian, pasal 13 tentang tugas pokok polri adalah pemelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, UU darurat No. 12 Tahun 1951 tentang penyalagunaan senjata api dan bahan peledak, 12 program prioritas Kapolri salah satunya penguatan harkamtibmas, Polri tidak dapat bekerja sendiri tanpa didukung stakeholder lainnya, dan peraturan Perda Kabupaten Muba No. 2 Tahun 2018 tentang pesta rakyat.
 
“Ini harus dilakukan oleh semua stakeholder, kami siap akan memback -up pelaksanaan kegiatan ini, mulai dari polres hingga ke polsek jajaran demi situasi yang aman dan kondusif dimasyarakat”, ucapnya.
 
Dijelaskannya, ada beberapa faktor yang melatar belakanginya bahwa masih minimnya kesadaran hukum setiap individu masyarakat, masyarakat Muba terampil dalam merakit senjata api dan budaya cenderung membawa sajam dengan motif untuk menjaga diri, masih adanya anek dot negatif “Mati Dem Asal Ngetop” dan setiap melaksanakan hajatan hiburannya orgen tunggal atau orkes. 
 
“Maka dari itu, kami memiliki suatu inovasi, yakni Serasi (Sehari Seribu Informasi) dimana ada 100 orang para bhabinkamtibmas yang akan menanyakan keluhan masyarakat dan mencari solusinya. Inovasi ini merupakan terobosan untuk menjadikan bahan masukan yang bagus untuk Muba yang telah berjalan satu bulan”, bebernya.
 
Disampaikannya bahwa terkait pesta malam ini banyak terjadinya tindak pidana penganiayaan yang disebabkan oleh pengaruh alkohol, rebutan biduan, pengaruh narkoba, senggolan saat joget, dan dendam. “Begitu juga dengan narkoba, setiap tahun jumlah tindak pidana narkoba dan jumlah pelaku meningkat, bila perda pesta rakyat dapat berjalan maksimal, akan menekan peredarannya”, pungkasnya.
 
Lanjutnya, pihaknya telah membuat fakta integritas, dimana ia telah berkomitmen jika ada anggotanya yang membacking terkait narkoba, tidak segan – segan untuk di pecat atau di tembak mati. 
 
“Kita ini sedang perang terhadap narkoba, kita sedang dijajah, kalau dulu kita perang pakai senjata, tapi sekarang penjajah ingin merebut kembali dengan mencekoki anak – anak penerus bangsa kita. Ini jadi atensi, silahkan lapor kepada saya, jika ada anggota saya yang membackingnya, akan saya pecat atau tembak mati saja, hilang satu polisi akan tumbuh seribu”, tutupnya. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.