Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Kwarcab Muba Bina Kwaran Plakat Tinggi

Selasa, 17 April 2018 | 2:44 pm
Reporter: Yelli Hakiki
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 315

Foto bersama usai melakukan Pembinaan Kwaran Gerakan Pramuka Plakat Tinggi bertempat di Gedung Olahraga milik Pemkab Muba. Selasa (17/04/2018).

Suasana Kwarcab Muba melakukan Pembinaan Kwaran Gerakan Pramuka Plakat Tinggi bertempat di Gedung Olahraga milik Pemkab Muba. Selasa (17/04/2018).

Suasana Kwarcab Muba melakukan Pembinaan Kwaran Gerakan Pramuka Plakat Tinggi bertempat di Gedung Olahraga milik Pemkab Muba. Selasa (17/04/2018).

Suasana Kwarcab Muba melakukan Pembinaan Kwaran Gerakan Pramuka Plakat Tinggi bertempat di Gedung Olahraga milik Pemkab Muba. Selasa (17/04/2018).

 

Musi Banyuasin LintasPe –

Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja Gerakan Pramuka (GP) Kwartir Cabang Gerakan Musi Banyuasin (Kwarcab Muba), hari ini pengurus GP Kwarcab Muba melaksanakan acara Pembinaan Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Plakat Tinggi bertempat di Gedung Olahraga milik Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Kab. Muba) di Kecamatan Pelakat Tinggi. Selasa (17/04/2018).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kwarcab Muba Sumadi, MS Se M.Si, Bendahara Kwarcab Muba Brigpol Rini Agustina, SH., Bidang Seni Budaya dan Pariwisata Wardata, S.Pd, Ketua Pusdiklat Kwarcab Muba Juli Alamsyah, SE., M.Si, Kamabiran Pelankat Tinggi Siswadi, DC., S.Sos., M.Si., Ketua Kwartir Ranting Plakat Tinggi Fathul Hadi, S.Pdi.,  juga menjabat Sekretaris UPTD Dikbud Pelakat Tinggi dan 16 Pengurus Kwartir Ranting Pelakat Tinggi,  Peserta 150 orang terdiri dari 34 gugus depan terdiri dari 3 Gudep SMA, 1 Gudep SMK, 7 Gudep SMP sederajad dan 23 Gudep SD Sederajad di kwaran plskat tinggi, Ketua DKR Anton Purwanto, Bendahara DKR Sari Damayanti dan 12 anggota lainnya dan 7 orang panitia.

Sebagai Pemateri Sosialisasi Bidang Kepramukaan Diisi oleh Kabid Pramuka Dians Pemuda dan Olahraga Kabupaten Muba (Dispopar Muba) Wardata, S.Pd, materi Administrasi Kepramukaan diisi oleh Rosidah, S.Pd., SD, materi Pendidikan Kepramukaan diberikan materi oleh Marjani  Sejarah Gerakan Pramuka diisi oleh Tukiran, S.Pd., MM, Materi Struktur Anggota Pramuka disampaikan oleh Iskandar Z.

Dalam sambutannya Drs H Apriyadi MSi yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Dispopar Muba Wardata, S.Pd., beliau penyampaikan bahwa gerakan pramuka bertujuan membentuk kader bangsa yang berbudi pekerti luhur dan menjaga dan membangun negara kesatuan republik indonesia.

Sebagaimana amanat undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka bahwa Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yenga beriman, ping bertaqwa, berahlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun negara kesatuan repuplik indonesia, mengamalkan pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

“Kepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah salah satu kalimat singkat yang bisa menggambarkan amanat uu gerakan pramuka tersebut. Dua aspek fisik yang sudah semestinya diterpkan pada setiap pribadi bangsa indonesia”, papar Wardata. 

Melalui kegiatan pembinaan kwartir ini,  sambungnya. Bertujuan untuk memajukan gerakan pramuka di Muba agar gerakan pramuka memiliki kekuatan dalam membimbing adik-adik peserta didik dimulai dari tingkat siaga, tingkat siaga, penggalang dan penegak khususnya di kwartir ranting plakat tinggi. 

“Saya minta kepada seluruh kepala sekolah di kwartir ranting plakat tinggi, mulai tingkat sekolah dasar hingga tingkat lanjutan untuk turut berperan serta mendukung pencapaian tujuan gerakan pramuka khususnya disekolah. Galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama gerakan pramuka, jadikan ini sebagai modal agar terciptanya kerukunan dan keharmonisan dan kemajemukan bangsa melalui berbagai kegiatan yang berkesinambungan mulai dari tingkat gugus depan, tingkat ranting, tingkat cabang, tingkat daerah dan Nasional”, pintanya.

Lebih lanjut, semoga pelaksanaan kegiatan ini mempererat hubungan antara kwartir ranting dan cabang, mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik, dan sebagai calon pemimpin masa depan bangsa di masa depan, khususnya Kab. Muba.

Selanjutnya, Ketua Wartir Cabang Gerakan Pramuka Muba Melalui Kabid Pramuka Dispopar membuka acara pembinaan kwartir ranting dan orientasi gugus depan Kwartir Ranting Pelakat Tinggi. (Yelli Hakiki)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.