Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Lapas II B Sekayu Terus Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Jumat, 27 April 2018 | 11:48 am
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 185

Ka. Lapas II B Sekayu bersama Ka. Lapas Pangkalan Balai, Waka Polres Muba Kompol Dodi Indra Eka Putra S.Ik MH, pihak Kejaksaan Negeri Sekayu dan Kodim 0401/Muba foto bersama salam komando usai melaksanakan upacara dihalaman Lapas II B Sekayu. Jumat (27/04/2018)

Menyalahkan obor untu melakukan pemusnahan barang sitaan penghuni lapas dari tahun 2017 hingga 2018. Jumat (27/04/2018)

Tamu undangan yang hadir sedang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dihalaman Lapas II B Sekayu. Jumat (27/04/2018)

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Lapas Kelas II B Sekayu, Herman Sawiran, Bc. Ip, SH. MH. sedang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI. Jumat (27/04/2018)

Suasana Upacara memperingati hari bhakti pemasyarakatan ke 54 dihalaman Lapas II B Sekayu. Jumat (27/04/2018)

 
 
Muba LintasPe-
 
Tepat pada hari ini, Jumat 27 April 2018, segenap insan pemasyarakatan di seluruh wilayah Indonesia memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan yang genap berusia 54 tahun. Tidak terkecuali, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sekayu melaksanakan upacara sebagai puncak kegiatan dari seluruh rangkaian dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke -54 yang dipusatkan dihalaman Lapas Kelas II B Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Jumat (27/04/2018).
 
Dalam sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia (RI) yang dibacakan oleh Kepala Lapas Kelas II B Sekayu, Herman Sawiran, Bc. Ip, SH. MH. selaku inspektur upacara menyampaikan bahwa lahirnya pemasyarakatan sebagai lembaga pelaksana pidana pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari sistem pemidanaan yang bersifat imperative yang berarti mempunyai kewenangan untuk memaksa / harus ditaati. 
 
Dalam menjalankan upaya paksa sebagai bentuk dari pelanggaran pidana ada kewajiban dari negara untuk tetap melindungi kepentingan terpidana dari aspek kebutuhan dan manfaat terpidana serta pemenuhan hak ketika menjalani pidana.
 
“Untuk itu, pemasyarakatan sebagai lembaga yang mempunyai kewenangan terhadap pelaksanaan sejak tahap pra adjudikasi, ajudikasi dan post adjukasi harus mampu mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya”, ujarnya.
 
Lebih lanjut, untuk dapat melaksanakan amanah tersebut pemasyarakatan sebagai bagian dari pemerintah wajib memberikan pelayanan sebaik-baiknya serta tetap menumbuhkembangkan sikap aspiratif, transparan, responsif terhadap semua situasi dan perubahan yang terjadi pada lingkungan strategis serta mampu menciptakan harmonisasi terhadap berbagai perbedaan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas.
 
“Upaya pemasyarakatan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik merupakan bukti bahwa negara hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan dan menjawab segala permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat”, terang Herman.
 
Disampaikannya juga, salah satu wujud nyata yang dilakukan oleh jajaran pemasyarakatan adalah dengan membuat mekanisme percepatan dalam pemberian pelayanan hak bagi warga binaan pemasyarakatan dengan menggunakan teknologi informasi. 
 
“Langkah tersebut sudah ditetapkan menjadi sebuah kebijakan yang tertuang dalam peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang syarat dan tata cara pemberian remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat”, ungkap Herman.
 
Selain itu, lanjut Herman. Wujud nyata dari kerja keras dalam rangka mengeliminir persepsi masyarakat terhadap minimnya output yang dihasilkan oleh jajaran pemasyarakatan telah dibuktikan dengan adanya pagelaran Indonesia Prison Art Festival yang melibatkan 456 perwakilan warga binaan pemasyarakatan dari seluruh Indonesia. Terhadap keberhasilan dalm penyelenggaraan kegiatan tersebut pemasyarakatan dianugrahi rekor dunia dengan kategori pentas seni oleh warga binaan terbanyak. 
 
“Hal ini sungguh membanggakan dan merupakan sebuah legacy terhadap pencapaian keberhasilan pemasyarakatan. Atas prestasi tersebut tentunya kita tidak boleh membusungkan dada dan merasa jumawa, prestasi yang telah kita raih harusnya kita jadikan cambuk untuk berbuat lebih baik lagi. Kekuatan terbesar pemasyarakatan untuk mewujudkan cita cita dan meraih prestasi yang lebih baik lagi terletak pada diri kita sendiri”, tambahnya.
 
Dalam kesempatan itu, pihaknya berharap tidak ada lagi cerita usang tentang rendahnya moralitas dan integritas petugas pemasyarakatan yang terulang. Janganlah bekerja hanya melaksanakan rutinitas yang sama secara terus-menerus.  Jika ingin suatu perubahan lakukanlah suatu terobosan dan effortyang lebih.
 
“Untuk itu, tanamkan semangat pembaharuan yang open minded, progresive, serta core value dengan semangat Kami PASTI untuk menghadapi tantangan tugas ke depan. Marilah kita bersatu untuk membuat komitmen besar membangun pemasyarakatan dengan menjalankan tugas yang dilandasi oleh Peraturan Perundang-undangan serta mampu menciptakan iklim birokrasi yang efektif, efisien, bersih dari korupsi dan siap melayani masyarakat”, tegasnya.
 
Diakhir sambutan, Kepala Kelas Lapas II B Sekayu memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu dan bekerjasama dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi pemasyarakatan. “Kepada Petugas Pemasyarakatan yang baru saja menerima penghargaan saya ucapkan selamat dan penghormatan setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih. Kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan saya berpesan tetaplah semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, tunjukkan rasa cinta mu terhadap bangsa dan negara ini dengan memberikan dharma baktimu melalui pengabdian yang terbaik”, pesannya.
 
Setelah pelaksanaan upacara selesai dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan Pemusnahan barang sitaan penghuni lapas dari tahun 2017-2018 oleh Kepala Kelas Lapas II B Sekayu bersama Kepala Lapas Pangkalan Balai, Kapolres Muba diwakili oleh Waka Polres Muba Kompol Dodi Indra Eka Putra S.Ik MH, pihak Kejaksaan Negeri Sekayu dan Kodim 0401/Muba. Dilanjutkan pemberian cindramata oleh Kepala Lapas Kelas II B Sekayu kepada para purna bakti pemasyarakatan. (WindaC)
 
 
 
 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.