Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Mesin Dap Pompanisasi Gampong Tualang di Tepung Tawari Perdana Pakai Tenaga Listrik

Rabu, 1 Januari 2020 | 5:41 pm
Reporter: M. Thaib
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 319
suasana photo bersama saat melaksanakan keduri Blang.

suasana photo bersama saat melaksanakan keduri Blang. Rabu (01/01/2020).

suasana photo bersama saat melaksanakan keduri Blang.
suasana photo bersama saat melaksanakan keduri Blang. Rabu (01/01/2020).

 

 

Aceh Timur LintasPe –

Hari ini, Rabu (01/01/2020) warga masyarakat Gampong (Desa) Tualang Kecamatan Peureulak Aceh Timur melaksanakan Kenduri Blang (Kenduri Sawah) sekaligus menepungtawari Pompanisasi yang tenaga penyedot air kesawah menggunakan Dap tidak lagi mesin diesel, kegiatan di pusatkan dilokasi Rumah mesin pompanisasi Gampong Tualang.

Pada kegiatan tersebut di hadiri Pj,Kepala Desa Tualang Hasanuddin, Kepala Desa Terpilih Gpong Tualang, Waliul Khalidin, masyarakat Tualang petani, Ketua kelompok tani, hadir juga dari pihak Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Peureulak, Marwan SP, Kepala Cabag Dinas (Manteri Tani), Jufri.

Marwan, SP, selaku kepala penyuluh pertanian Kecamatan Peureulak, mengatakan “kepada masyarakat dan bagi kelompok tani di Gampong tualang agar dapat membangun kordinasi dengan pihaknya bila ada hal-hal yang menyangkut perkembangan disektor pertanian, hal ini dipandang penting mengingat tantangan petani di masa akan datang cukup besar, selain menghadapi berbagai hama penyankit pada tanaman juga pasilitas pendukung pertanian lainya juga menjadi pertimbangan atas hasil produksi tani itu sendiri”. Kata Marwan.

Marwan juga menjelaskan, “bila ada anggota kelompok tani jumlahnya banyak disarankan untuk membuat kelompok baru yang legalitasnya di akui alis resmi, jadi berbagai keluhan yang dihadapi petani selaku anggota kelompok dapatatertampung dengan yang diharapkan, baik itu kekurangan yang sifatnya mendesak atau kekhususan bagi kelompok tani”. Ujar Marwan.

Jufri, Kepala Cabang Dinas Pertanian (Manteri Tani) dihadapan masyarakat menyampaikan arahanya, “Jefri berharap Kelompok tani yang sudah aktif sebanyak 4 Kelompok di Gampong Tualang agar selalu kompak satu sama lainya, dan selalu membangun komunikasi terkait dengan apa saja yang menyangkut dengan sektor pertanian, kami dari dinas pertanian tetap akan menampung aspirasi kelompok tani atas keluhan-keluhan yang dihadapi, sehingga kita sama sama dapat mencari solusi yang terbaik”. Kata Jufri.

Hasanuddin, Pj. Keuchik Tualang, bersama Keuchik terpilih Waliul Khalidin, di lokasi rumah mesin, mengucapkan “terimakasih kepada seluruh masyarat, ketua kelompok tani, aparatur Gampong, Tuha Peut Gampong, Imum, Pemuda yang telah memberikan dukungan penuh atas terlaksananya mesin pompanisasi dengan menggunakan Dap tenaga listrik denagn sumber Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2019”.

“Oleh karenanya, pasilitas yang telah tersedia ini diharapkan mampu memberikan peningkatan di sektor petani sawah yang ada lebih kurang 150 Ha di wilayah Gampong Tualang secara terus menerus dan berkelanjutan, selain itu, mari sama-sama kita jaga keutuhanya”. Kata Hasanuddin.

Waliul Khalidin, Kades terpilih yang direncanakan pada awal januari 2020 akan dilantik, juga memberikan masukan, “bahwa nanti bila kami telah memimpin pemerintahan gampong, program paling utama kita akan duduk bersama kelompok tani untuk dapat membahas dan mencari solusi agar sektor pertanian yang ada dapat meningkat dan berjalan dengan baik”. Kata Waliul Khalidin. Seraya berharap agar pihak dinas terkait tidak bosan-bosan membimbing warganya.( M.Thaib)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.