Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Meskipun Hujan, Demi PALI Satgas Antisipasi Corona Tetap Bekerja

Jumat, 27 Maret 2020 | 1:34 pm
Reporter: Hendri Irdianto, SH
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 541
Tim Satgas Lintas Sektoral Kab. PALI Bekeja 24 Jam Guna Antisipasi Virus Corona Masuk Ke Wilayah PALI

Tim Satgas Lintas Sektoral Kab. PALI Bekeja 24 Jam Guna Antisipasi Virus Corona Masuk Ke Wilayah PALI

Tim Satgas Lintas Sektoral Kab. PALI Bekeja 24 Jam Guna Antisipasi Virus Corona Masuk Ke Wilayah PALI

Tim Satgas Lintas Sektoral Kab. PALI Bekeja 24 Jam Guna Antisipasi Virus Corona Masuk Ke Wilayah PALI

 

 

Pali LintasPe –

Pandemi korona virus 2019–2020 atau dikenal sebagai pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit korona virus 2019 (bahasa Inggris: corona virus disease 2019, disingkat COVID-19) di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh korona virus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2. Wabah COVID-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020. Hingga 22 Maret, lebih dari 308.000 kasus COVID-19 telah dilaporkan di lebih dari 180 negara dan teritori, mengakibatkan lebih dari 13.000 kematian dan 95.000 kesembuhan. (Data dari laman Wikipedia).

Untuk di Indonesia sendiri pada hari Kamis, (26/03/2020) sudah ada kasus positif virus Corona (COVID-19) 893 kasus.

“Total kasus positif Virus Corona menjadi 893, jumlah pasien yang sembuh 35 orang, sedangkan yang meninggal 78 orang”, kata juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube BNPB, Kamis (26/3/2020).

Guna mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19 / virus Corona hampir semua pemerintah daerah di Indonesia membentuk Satuan Tugas (Satgas).

Salah satunya Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membentuk Satgas lintas sektoral guna penanggulangan virus corona dengan mendirikan pos Checkpoint di setiap pintu masuk kabupaten tersebut.

Satgas ini terdiri dari unsur TNI, Polri, serta OPD di Kab. PALI yang bekerja 24 jam penuh.

Terlihat meskipun hujan Tim Satgas ini tetap bekerja memantau masyarakat yang keluar masuk menuju Kab. PALI guna mengantisipasi Virus Corona masuk ke Bumi Serepat Serasan, dengan mengecek suhu tubuh masyarakat yang melintas.

“Kami bekerja meskipun hujan ataupun panas dan tengah malam guna antisipasi Virus Corona masuk Ke PALI, dengan cara mengecek suhu tubuh warga yang hilir mudik melewati perbatasan demi masyarakat PALI, karena banyak nya Kasus Odp di Pulau Jawa sehingga membuat masyarakat Pali panik dan memaksakan pulang kekampung halaman demi keamaan mereka sehingga membuat kami Tim Satgas harus bekerja Ekstra demi masyarakat Pali agar semua yang pulang kampung dari pulau jawa dapat ter Observasi oleh kami Tim Satgas dan diawasi oleh Sekda Kab.Pali supaya yang pulang dari pulau jawa tetap gehat dan selalu dalam pengawasan Tim medis Psc 119 Dinas kesehatan Kab.Pali”, ungkap Dita Novita, S. Kep. Ners salah satu tim Satgas personil PSC 119 yang bertugas di Pos Checkpoint Lintas Struktural Talang Bulang Tadi Malam, (28/03/2020).

Pemerintah Kabupaten PALI sendiri sudah membuat kebijakan dan himbauan agar tidak ada keramaian di tengah masyarakat dan meminta masyarakat tetap tinggal di rumah untuk sementara waktu dikarenakan masih mewabahnya Virus Corona dan mengantisipasi penyebarannya di PALI.

“Mengenai pos perbatasan saya sendiri apresiasi dan salut dengan semua ini, makanya saya sedih jika melihat masyarakat tidak displin dengan mengindahkan himbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja selama mewabah virus Corona ini, jika sempat di PALI kabupaten yang kita cintai ini, kecolongan covid 19 akibat ke tidak disiplinan sebagian masyarakat, rasanya sia-sia perjuangan satgas corona termasuk yang jaga di pos perbatasan”, ungkap dr. Zamir Jubir Satgas Lintas Sektoral Penanggulangan Corona Kab. PALI.

Kunci dari semua upaya yang di lakukan pemerintah ini adalah kedisiplinan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan diri pribadi dari penyebaran Virus Corona.

“Karena kunci dari semua ikhtiar kita ini adalah kedisiplinan dan tidak lupa berdoa juga untuk wabah agar cepat berlalu”, sambung dr. Zamir juga bertugas sebagai Kepala Puskesmas Talang Ubi.

Masyarakat PALI sangat mengapresiasi langkah Pemkab. PALI dalam menangulangi Virus Covid -19 atau virus Corona agar tidak masuk ke Bumi Serepat Serasan.

“Saya selaku masyarakat PALI sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kebijakan dan respon cepat Bupati PALI, Bapak Ir. H. Heri Amalindo, MM untuk antisipasi Virus Covid-19 menjalar ke PALI dengan membentuk satgas, apalagi dengan di bangunnya Pos Checpoint Lintas Sektoral yang bisa memberikan rasa aman dari virus Corona ini, dan kepada Tim Satgas semoga di berikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas guna antisipasi virus Covid – 19 masuk ke PALI dan PALI terbebas dari Corona”, ungkap Ari Warga PALI (27/03/2020). (Hendri Irdianto, SH)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.