Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Muba Bersih Sampah; Gerakkan Gotong Royong Pungut Sampah

Rabu, 21 Februari 2018 | 2:46 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 153

Bulir Sriwijaya, DLH Muba bersama media membagikan kotak sampah kepada pengguna jalan kendaraan roda empat. Rabu (21/02/2018)

Suasana konferensi pers diruang rapat DLH Muba. Rabu (21/01/2018)

Suasana konferensi pers diruang rapat DLH Muba. Rabu (21/01/2018)

Sekayu Muba LintasPe-
 
Sebanyak 542 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) merupakan satu dari enam Kabupaten/Kota Se- Indonesia dan satu-satunya Kabupaten / Kota di Sumatera Selatan yang terpilih untuk peluncuran Kampung Kelola Sampah. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Bulir Sriwijaya Lely Maya Sari dalam Konferensi Pers diruang rapat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muba. Rabu (21/02/2018).
 
Peluncuran Kampung Kelola Sampah ini dinamakan Launching gerakan Muba Bersih Sampah, yang terdiri dari program edukasi kepada kurang lebih 3000 pelajar SD, SMP, SMU tentang kelola sampah, gerakan bersih sampah pasar tradisional, pelaksanaan Car Free Friday diikuti gerakan gotong royong pungut sampah, gerakan bersih pada Kantor / Instansi Pemerintah, Swasta, taman, terminal, kawasan pemukiman dan sarana publik lainnya.
 
Tiga bulan bersih sampah dimulai sejak bulan Januari, Bulir Sriwijaya bersama Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muba telah berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan, dan menindaklanjuti surat edaran Nomor : SE.1/MenLHk/PSLB3/PLB.0/1/2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI) tentang kerja bersama untuk peningkatan penanganan sampah dalam rangka hari peduli sampah 2018.
 
Dimana untuk Kabupaten Muba, Bulir Sriwijaya memilih salah satu kampung yang ada di Kota Sekayu yakni Kampung Darussalam di Jalan Protokol tepatnya samping Mega Fashion, untuk dijadikan kampung percontohan dengan sistem kelola sampah mandiri.
 
“Kriteria kampung yang terpilih adalah kampung yang memang selama ini warga masyarakatnya berperan aktif dalam hal menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang dimulai dari sistem kelola sampah rumah tangga sehingga tingkat keberhasilannya dapat diukur dari jumlah volume sampah terangkut untuk dibawa ke TPA”, terangnya.
 
Lebih lanjut, program peluncuran Muba Bersih Muba 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2018 di Kota Sekayu, yang diharapkan dengan diluncurkannya program ini akan menjadi kegiatan berkelanjutan dan terintegrasi dalam memperkuat kolaborasi peran dalam upaya mengatasi persoalan sampah dan mewujudkan muba yang benar-benar bersih, hijau dan berwawasan lingkungan.
 
Disampaikannya bahwa untuk program Car Free Friday akan dilakukan secara reguler setiap hari Jumat pada minggu pertama setiap bulannya yang dimulai pukul 06.00 hingga 10.00 wib, masyarakat dilarang menggunakan kendaraan bermotor dijalan protokol, hanya boleh melintas dijalan tersebut dengan menggunakan kendaraan yang tidak mengandung emisi atau berjalan kaki.
 
“Kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan pungut sampah atau CleanACT selama perjalanan dijalan protokol, guna menciptakan kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah pada tempat yang telah disedikan”, tambahnya. (WindaC)
 
 
 
 
 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.