Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

PALI Bersatu Antisipasi Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 | 8:06 pm
Reporter: Hendri Irdianto, SH
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 284
Posko ke 5 Checkloint lintas Sektoral yang didirikan di desa Tang Akar Kec. Talang Ubi

Posko ke 5 Checkloint lintas Sektoral yang didirikan di desa Tang Akar Kec. Talang Ubi (21/03/2020).

 

PALI LintasPe –

Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19 yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut bahkan sampai kematian.

COVID-19 ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019, virus ini menyebar dan menular dengan cepat ke wilayah lain di Cina dan bahkan kebeberapa negara lain termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri banyak di beritakan media masa sudah ratusan orang terpapar Virus Corona dan sedang menjalani perawatan, dan puluhan orang sudah meninggal dunia, sehingga negara Indonesia membentuk Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang di ketuai oleh Letjen Soni Monardo, yang menyerukan persatuan nasional untuk memberantas virus corona ini.

“Kita harus memandang virus ini sebagai musuh bersama yang harus dihadapi secara bersama. Saat ini tidak perlu saling menghujat dan menyalahkan,” kata Doni di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2020). Di kutip dari CNBC Indonesia terbitan 14/03/2020.

Dengan menjadikan Virus Corona menjadi musuh bersama maka dari Pemerintah Pusat sampai ke pemerintahan daerah terus menggalakkan dan tindakan guna mencegah Virus ini menyebar lebih luas, salah satunya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), semua lini bersatu padu mencegah pencemaran virus ini.

RSUD Talang Ubi contohnya mengeluarkan surat edaran guna mengantisipasi virus Corona ini menyebar di Bumi Serepat Serasan yang isinya :
1. Mulai senin 16 Maret 2020 pasien tidak di perkenankan di jenguk.
2. Rumah sakit hanya mengijinkan penunggu pasien maksimal satu orang.
3. Kepala instalasi, kepala ruangan, ketua tim/ penangung jawab shift wajib menyampaikan informasi ini kepada keluarga pasien yang sedang di rawat.
4. Petugas keamanan di harap stand by di depan gerbang masuk yang di ijinkan untuk mensteaming setiap pengunjung yang masuk rumah sakit.
5. Penunggu pasien yang lulus sensor suhu tubuh akan di berikan label pada bajunya di bagian dada kanan atas dengan tulisan lulus sensor.
6. Penunggu pasien yang lulus sensor di berikan kartu tunggu dan wajib cuci tangan dengan Hand Senitizer yang di sediakan.
7. Penunggu pasien yang mengalami demam dan batuk tidak di perkenankan masuk ke area rumah sakit.
8. Intruksi ini dilaksanakan dengan oleh semua unit terkait untuk menghindari penularan Covid-19.

Untuk di perbatasan Kab. PALI – Kab. MUBA Posko Checkpoint lintas sektoral pencegahan masuk nya virus CORONA ke bumi Serepat Serasan terus di genjot untuk segera berdiri dan beroperasi penuh di 5 titik (Talang Bulang, Muara sungai, Modong, Kota Baru, Talang akar) ke 5 desa tersebut merupakan pintu masuk utama menuju ke kabupaten Pali.

Posko ke 5 desa Talang Akar hari ini Sabtu, (21/03/2020), selesai di dirikan dan langsung beroperasi 24 jam nonstop hingga 90 hari kedepan.

Posko ini sendiri di operasikan oleh 20 orang satgas gabungan lintas sektoral yang terdiri dari 6 orang anggota BPBD, 9 orang anggota dan 1 orang dokter dari PSC (publik safety center) 1 orang anggota dari Dishub, 1 orang anggota Babinsa dari TNI, 1 orang anggota Babinkamtibnas dari Polri, anggota polpp 2 orang dan 1 orang anggota dari Damkar yang terbagi menjadi 2 shift siang dan malam karena posko ini bersiaga 24 jam nonstop.

Pemeriksaan yang di lakukan secara ketat oleh para petugas ini di harapkan mampu mencegah penyebaran virus COVID-19 sedini mungkin sebelum memasuki wilayah kabupaten Pali.

Bupati Pali Ir.H. Heri Amalindo .MM menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Pali untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan berperan aktif melaporkan dirinya kepada team satgas pencegahan COVID-19 apabila sehabis dari luar kota,supaya memudahkan pengawasan yang di lakukan oleh satgas (Hendri Irdianto, SH)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.