Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Pemkab Muba Tingkatkan Layanan Pra FS RSUD Sekayu

Rabu, 11 Maret 2020 | 2:37 pm
Reporter: Ril
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 114

Rabu (11/03/2020)

 

Suasana rapat terkait pengembangan gedung pelayanan medik dan penunjang medik. Rabu (11/03/2020)

MUBA LINTASPE-

Citra pelayanan kesehatan di kabupaten Musi Banyuasin kini semakin meningkat, karena pemerintah kabupaten Muba terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana kesehatan khususnya di RSUD Sekayu bagi masyarakat di kabupaten Muba.

Awal tahun 2020 ini, Pemkab Muba bersama PT pandu Persada telah melakukan rapat terkait pengembangan gedung pelayanan medik dan penunjang medik, pelayanan medik, rawat inap kelas 3 (Pra FS) untuk meningkatkan pelayanan, Selasa (10/3/2020) di ruang rapat Serasan Sekate.

Rapat dipimpin Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekda Apriyadi MSi dan dihadiri oleh perwakilan anggota DPRD dan OPD Muba yang terkait.

Dalam kesempatan ini, dr. Makson Parulian Purba, MARS mengatakan pengembangan gedung tersebut perlu dilakukan guna mencapai visi RSUD yaitu mewujudkan RSUD Sekayu sebagai rumah sakit kelas dunia.

Selain itu, Dikatakan Makson, pengembangan ini juga dalam rangka mendukung perwujudan visi misi Bupati Muba menjadikan kabupaten “Muba Maju Berjaya tahun 2022. Dan misi RSUD Sekayu, lanjutnya, yaitu peningkatan hard competency dan soft competency SDM dengan penempatan yang tepat , orang yang tepat dan waktu yang tepat. Dan terwujudnya akreditasi paripurna versi SNARS rumah sakit kelas B, terwujud 5 center unggulan pelayanan.

“Pertama ini bila ingin orang di luar muba datang berobat ke RSUD Sekayu maka pelayanan yang di sediakan harus aktraktif dan sarana prasarana harus iconic . Kedua hal ini sudah menjadi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Musi Banyuasin dan di luar Muba dengan melihat peluang yang ada. Selain itu dengan melihat peluang tol palembang betung dan pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi program Bupati DR. H.Dodi Reza Alex untuk mewujudkan conectivitas antar daerah muba , ini merupakan peluang bagi rsud sekayu sehingga akses pelayanan menjadi meningkat . Selain itu desain rs yang iconic dan fasilitas yang lengkap akan membuat kepercayaan pasien juga meningkat , “ungkapnya.

Sementara, Riza dari pihak PT Pandu Persada mengatakan bahwa RSUD Sekayu berpotensi menjadi rumah sakit rujukan regional menampung pasien rumah sakit lainnya dari 4 kabupaten terdekat.

Diterangkannya, analisis kepuasan pelanggan berdasarkan kuadran yaitu tiga alasan terbesar berobat ke RSUD sekayu adalah 1. Mutu pelayanan yang baik, 2. Sarana alat kedokteran yang baik, 3. Jumlah dokter spesialis yang lengkap. Tiga hal ini merupakan modal yang baik dalam pengembangan RSUD sekayu.

“Pengembangannya kedepan, Rumah sakit umum kelas B pendidikan dengan kapasitas 600 TT untuk 10 tahun kedepan sesuai hitungan analisis demand. Adapun persiapan RS pendidikan sebagai tantangan yaitu unggulan dan implementasinya, penjaminan mutu dan hubungan harmonis dengan Fakultas Kedokteran, stakeholder, institusi lainnya, dan perlu dibagun academic atmosphere, transformasi sikap dan perilaku,” dari hasil FS terlihat bahwa RS al sekayu sangat layak untuk di kembangkan.” terangnya.

Pada kesempatan ini, Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi meminta dukungan penuh dari pihak pihak yang terkait seperti DPRD dan PT SMI demi kelancaran proses perencanaan pembangunan ini.

Menurut Apriyadi, setiap aspeknya proyek tersebut memang layak untuk dilanjutkan, karena kata Apriyadi Pembangunan tersebut merupakan cita-cita Pemkab Muba dan masyarakat.

“Rencana khusus yang harus disiapkan dalam perencanaan pembangunan ini, agar bisa memperoleh hasil yang maksimal nantinya. Karena proses pembangunan ini diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 2 tahun. Dan segala perencanaan itu haruslah sesuai dengan segala aturan,”pungkasnya.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.