Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Plt Bupati Muba Buka Bersama Warga Binaan Lapas Sekayu

Sabtu, 2 Juni 2018 | 1:21 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 396

Suasana safari ramadhan Plt Bupati Muba Beni Hernedi buka puasa bersama warga binaan lapas IIB Sekayu. Kemarin (01/06/2018)

Plt Bupati Muba foto bersama usai memberikan bingkisan kepada warga binaan lapas II B Sekayu. Kemarin (01/06/2018)

Kepala Lapas II B Sekayu sedang memberikan kata sambutan dalam acara buka bersama dengan Plt Bupati Muba Beni Hernedi di lapas IIB Sekayu. Kemarin (01/06/2018)

Musi Banyuasin LintasPe-

Tepat peringatan hari lahirnya Pancasila, Plt Bupati Muba Beni Hernedi memanfaatkan hari libur dengan mengunjungi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Sekayu. Ia pun menyempatkan diri berbuka puasa bersama 925 warga binaan yang tampak begitu antusias menyambutnya. Jumat (01/06/2018).

Dalam sambutan Plt Bupati Muba, ia mengatakan bahwa selama bulan suci Ramadan ini, dirinya dan jajaran Pemkab Muba akan mengintensifkan silaturahmi dengan semua lapisan masyarakat Muba.

“Hari ini (silaturahmi) dengan warga binaan Lapas Sekayu. Saya merasa bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama saudara lebih bermakna. Semoga kehadiran kami menjadi semangat dan motivasi dalam memulihkan kepercayaan diri saudara selama di Lapas dan saat keluar nanti,” ujar Beni sembari memberikan semangat kepada warga binaan Lapas.

Sementara, sambungnya. Mengenai over kapasitas Lapas yang sudah lebih dari 200%, Beni menerangkan, Pemkab Muba sudah memiliki niat dan rencana untuk meningkatkan blok Lapas karena sebagian besar warga binaan menjadi tanggung jawab Pemkab Muba agar tempat pembinaannya lebih manusiawi.

“Kami sudah menyiapkan 3 hektare tanah untuk penambahan blok. Tapi penambahan atau pembenahan hunian blok ini bukan berarti kami mendukung saudara terus memenuhi tempat ini,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lapas Kepala Lapas Kelas II B Sekayu, Herman Sawiran, Bc. Ip, SH. MH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) khususnya Plt Bupati Muba yang dengan tulus ikhlas mengadakan acara buka bersama dengan warga binaan pemasyarakatan Lapas Sekayu ini. 

“Dimana, tujuan diadakan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi mempererat hubungan persaudaraan, karena sebagian besar warga binaan lapas sekayu ini adalah masyarakat Muba”, ucapnya.

Dilaporkannya bahwa saat ini Lapas Sekayu dihuni narapidana laki – laki 487 orang, narapidana perempuan 7 orang, tahanan laki – laki 397 orang, tahanan perempuan 28 orang, narapidana anak laki-laki 3 orang dan tahanan 3 orang. 

“Jumlah isi penghuni lapas sebanyak 925 orang terdiri dari umum 463 orang, narkoba 417 orang, tipikor 2 orang dan terorisme 2 orang”, ungkap Herman.

Menurutnya, momen buka puasa bersama ini bukan hanya sekedar sebagai kegiatan makan makan bersama saja, namun marilah dijadikan sebagai salah satu bentuh ibadah yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang pada akhirnya nanti sebuah kompensasi berupa pahala yang didapatkan. “Sehingga diharapkan kegiatan ini benar benar mampu memberikan manfaat yang jauh lebih banyak dari acara buka bersama itu sendiri”, harapnya.

Pada kesempatan ini juga, Beni memberikan 1.000 bingkisan tali kasih kepada warga binaan Lapas Sekayu serta  bantuan kain sarung dan mukena untuk masjid Lapas Sekayu. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.