Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Polres Muba Berhasil Gagalkan Peredaran Miras Oplosan

Rabu, 18 April 2018 | 1:52 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 387

Suasana Konferensi Pers penggerebekkan home industri Miras, di Mapolres Muba. Rabu (18/04/2018)

Usai konferensi pers, Kapolres Muba meninjau barang bukti yang telah diamankan di Mapolres Muba. Rabu (18/04/2018)

Muba LintasPe-

Kepolisian Resor Musi Banyuasin (Polres Muba) melakukan penggerebekan terhadap home industri minuman keras (miras) oplosan jenis vodka dan mansion di sebuah rumah, bekas rumah makan dipinggir jalan lintas Sekayu – Lubuk Linggau tepatnya didusun III muara Rawas Desa Terusan Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Senin (16/04/2018) pukul 21.00 wib.
 
Penggerebekkan yang di pimpin langsung oleh Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM ini berhasil mengamankan delapan orang tersangka yang sedang memproduksi miras  oplosan yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.
 
Delapan orang tersangka yang berhasil ditangkap itu sudah mempunyai perannya masing – masing, diantaranya berinisial AN (63) berperan sebagai pengurus warga Desa Air Balui Kecamatan Sanga Desa, RP (20), HN (24), TM (22), RA (20), merupakan warga Bengkulu, PM (22) BS (19) warga Palembang, dan DS (23) berperan sebagai pengemas minuman.
 
Tidak hanya itu, barang bukti juga ikut diamankan yakni 1 tedmon ukuran 500 liter minuman yang berisi minuman yang sudah jadi, 12 drum berisikan alkohol, 1 unit mobil daihatsu luxsio warna hitam BG 1811 us yang berisi kardus kemasan, 2 alat pres tutup botol, 1 mesin pres tutup botol, label merk mansion vodka 5 kardus, tutup botol miras merk mansion 28 kardus yang berisi 1 kardus 1440 jumlah total 40.320 tutup botol, 141 karung botol minuman kosong, 18 keranjang botol kosong, 2 botol perisa, 7 drum kosong, 3 lakban.
 
“Keberhasilan kita ini juga berkat peran serta masyarakat yang bekerja sama dengan kita pihak kepolisian”, ungkapnya.
 
Disamping melakukan penggerebekkan dilokasi produksi tersebut, pihaknya juga berhasil menggagalkan satu unit mobil truk mitsubitsi warna kuning nopol BG 8533 IA, berikut sopirnya BS (46) yang berisikan 100 dus berisi minuman jenis wisky mansion house dengan jumlah 4.080 botol miras yang akan dikirim ke daerah baturaja, yang berasal dari home industri ini.
 
Berdasarkan hasil introgasi, home industri yang beromset ratusan juta ini telah berjalan sekitar satu bulan dan telah beredar dibeberapa tempat didaerah sumsel diantaranya, Palembang, Lahat dan Baturaja.
 
“Mereka membuat miras dengan cara mencampur air sumur, perisa, pewarna tekstil pakaian, dan alkohol yang dicampur didalam tedmon berukuran 500 liter, dan botol dibuat kadarluasa nya seolah-olah asli”, beber Ibu Andes dalam konferensi pers di Mapolres Muba. Rabu (18/04)
 
Untuk bahan baku botol, sambungnya. Didapat dari Palembang ditempat penampungan barang bekas talang buruk dekat SMP 155 Palembang dan alkohol didapat dari Jakarta yang diangkut menggunakan truk. “Dalam sehari, home industri ini memproduksi 20 dus isi 48 botol, dengan upah 20 ribu/orang untuk perdusnya. Sudah tiga kali pengiriman diwilayah Sumsel sebanyak 1200 botol, dan ini akan dilakukan pengembangan terhadap pelaku”, terang nya.
 
Pelaku akan di jerat dengan pasal 136 huruf B dan atau pasal 142 UU RI No. 18 TH 2012 tentang pangan dan atau pasal 204 ayat 1 KUH Pidana tentang minuman keras dengan ancam hukuman 15 – 18 tahun penjara adapun laporan polisinya yaitu LP / A – 73 / IV / 2018 / SS / RES Muba Tanggal 16 April 2018.
 
Dalam kesempatan ini, Kapolres Muba menghimbau kepada segenap warga masyarakat khususnya di Kabupaten Muba untuk menjauhi serta tidak mengkonsumsi miras karena sudah banyak yang menjadi korban oleh minuman oplosan ini, jangan sampai anda jadi korban berikutnya.
 
“Alangkah hancurnya didalam tubuh kita apabila kita minum air seperti ini, apalagi mansion yang ada campuran tekstil, pewarna pakaian dijadikan buat minuman. Saya berharap mudah-mudahan ini tidak terjadi lagi ditempat kita, tentunya ini menjadi atensi buat kita semua karena sudah banyak kejadian meninggal dunia karena miras oplosan”, harapnya. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.