Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

PWI Muba Kunker, Ini Dia Pesan Ketua PWI Pusat

Rabu, 6 November 2019 | 6:25 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 145

Suasana kunker anggota PWI Muba ke PWI Pusat. Rabu (06/11/2019)

Suasana kunker anggota PWI Muba ke PWI Pusat. Rabu (06/11/2019)

MUBA LINTASPE-

Sebanyak 45 anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melakukan kunjungan kerja ke PWI Pusat yang bertempat di Gedung Dewan Pers Lantai IV tepatnya dijalan Kebun Sirih Kecamatan Gambir Kota Jakarta Pusat. Rabu (06/11/2019).
 
Sebelumnya, PWI Muba yang dipimpin langsung oleh Ketua PWI Muba Herlin Koisasi SH ini melakukan Kunjungan Kerja ke Dewan Pers. Selanjutnya, hari ini dilanjutkan ke PWI Pusat, yang dihadiri oleh Bupati Muba diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) melalui Dicky Meiriando, dan disambut langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari didampingi Sekjen PWI Pusat.
 
Dalam kesempatan ini, Herlin menyampaikan bahwa pihaknya sangat berbangga hati bisa datang kesini, agar lebih mengenal organisasinya sendiri. Menurutnya, ini perlu dilakukan karena ini rumah besar kita. 
 
“Saya berpikir, kawan – kawan saking cinta dengan organisasi ini sanggup melakukan perjalanan jauh, menempuh perjalanan 24 jam dengan berbagai kendala dijalan. Ini adalah salah satu bentuk pengorbanan”, ucapnya.
 
Lebih lanjut disampaikan Ketua PWI bahwa kegiatan study banding ini di dukung penuh oleh Bapak Bupati H. Dodi Reza Alex Noerdin. “Ini bukti pemerintah mendukung keberadaan PWI di Muba, dengan diberikannya dana hibah berbagai kegiatan telah kami lakukan guna peningkatan kualitas wartawan sesuai program PWI Muba Smart dan Positive Journalist, seperti orientasi PWI, Choaching Clinic dan kunjungan kerja Dewan Pers dan PWI Pusat, selanjutnya akan dilakukan Uji Kompetensi kepada rekan – rekan wartawan”, ungkap Herlin.
 
Dalam hal ini, Dicky Meiriando SSTP, MH menambahkan bahwa memang benar Pemkab sangat mensupport keberadaan PWI di Muba dan PWI Sumsel juga. “Alhamdulillah PWI Muba sudah mendapatkan sekretariat, untuk hibah nya sedang diproses, namun perlengkapan sekretariat nya perlahan – lahan sudah mulai dilengkapi, termasuk internet, kami support dari Kominfo”, ujar Dicky.
 
Pihaknya juga sangat apresiasi pada pengurus PWI Muba sekarang, dengan tema smart and positive Journalist. “Saya pikir sangat tepat, kekinian, dan sangat bersinergi dengan pidato bang atal pada HPN tahun lalu, karena semangat smart Journalist ini suatu daerah tidak bisa dihindarkan, harus bertransformasi dengan temen –  teman didaerah lainnya, tidak ada lagi jurnalis yang gaptek, dan kita harus mengikuti perkembangan jaman”, terangnya.
 
Sedangkan, sambung Dicky. Positive Journalist ini gampang sekali kita mendefinisikannya, wartawan patuh saja pada kode etik jurnalistik, UU Pers dan peraturan organisasi. “Saya pikir itu sudah menjadi wartawan yang positif, karena kaedah – kaedah sudah ada disitu semua, sebagaimana menjadi wartawan yang ideal”,tambah Dicky.
 
Sementara itu, Atal S. Depari menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan PWI Muba di sekretariat PWI Pusat. Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan terhadap anggota PWi Muba bahwa kebebasan pers tidak boleh pergunakan semenah – menah. 
 
“Sebenarnya mudah sekali memprotektif dan memfilter kita, asal taat aja pada kode etik jurnalistik, jika itu dilakukan anda tidak akan pernah ragu menghadapi siapapun. Kita wartawan harus diuji untuk bersertifikasi. Karena untuk membedakan kita dengan yang mengakunya wartawan itu adalah sertifikasi. Kita tanpa sertifikasi, maka pers tong kosong nyaring bunyinya”, pesan Atal dengan tegas.
 
Jurnalistik ini, lanjut Ketua PWI Pusat. Jika bukan ditangan kompeten, jurnalisme itu akan mati. Jadi, Yang membuat jurnalisme itu mati ialah wartawan yang belum sertifikasi. “Untuk itu, anggota PWI harus sertifikasi. Kita mengharapkan untuk yang belum bersertifikasi untuk ikut ujian kompetensi”, tegasnya.
 
Menurutnya, Bupati Muba dalam hal ini tidak sembarangan, ia melihat supportnya terhadap anggota PWI Muba yang menjadi harapan sebagai mitra Pemkab Muba.
 
“Karena peran Pemerintah jika tidak diback up oleh pers akan lambat, ia bukan lah apa – apa juga, untuk itu kalian mampu memainkan peran itu. Saya kenal dekat dengan pak Bupati, dia detail dan hitungan cermat, dia yakin setelah datang sini Dewan Pers, kalian akan mencari masukan – masukan untuk mendorong pemerintah agar lebih agresif lagi melaksanakan pembangunan didaerah”, ucap Atal.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.