Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

RSUD Talang Ubi Akui Limbah B3 Di TPA Miliknya

Senin, 16 Maret 2020 | 8:47 pm
Reporter: Hendri Irdianto, SH
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 548
Photo LB3 Dari RSUD Talang Ubi.

Photo LB3 Dari RSUD Talang Ubi. Senin, (16/03/2020).

Manajemen RSUD Talang Ubi Saat Di Sambangi Oleh MPC PP Kab. PALI dan Awak Media di Ruang Kerjanya

Manajemen RSUD Talang Ubi Saat Di Sambangi Oleh MPC PP Kab. PALI dan Awak Media di Ruang Kerjanya Senin,(16/03/2020)

 


Pali LintasPe –

Penemuan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dari fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang tidak diolah dan dibuang secara benar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Simpang Airport Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI. Temuan LB3 tersebut di temukan oleh Organisasi Masyarakat (Ormas)  Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kab. PALI.

“Kami mendapat laporan dari masyarakat akan adanya Limbah B3 medis yang di buang sembarangan di TPA Simpang Airport, sehingga kami tim dari PAC Penukal Pemuda Pancasila untuk mengecek apakah benar adanya laporan tersebut, setelah kami ke lokasi memang benar di temukan adanya Limbah B3 medis” ungkap Reno Karim selaku Koordinator Lingkungan Hidup MPC PP Kab. PALI.

Dan dilihat dari kemasan Limbah B3 terdapat lambang RSUD Talang Ubi.

“Kita lihat ternyata ada lambang RSUD Talang Ubi di kemasan Limbah B3 Medis tersebut, kemungkinan Limbah tersebut berasal dari RSUD Talang Ubi dan membuang limbah B3 medis sembarangan melanggar UU no 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup”. Aka Gnr selaku ketua PAC PP Penukal Kab. PALI.

Dengan di temukan LB3 medis di TPA mendesak untuk diselesaikan, karena tidak hanya mengancam kondisi lingkungan, limbah ini berpotensi untuk mengganggu kesehatan atau bahkan berujung pada kematian.

“Kami MPC PEMUDA PANCASILA mendesak kepada pamangku kebijakan yang ada di kabupaten PALI untuk menindak tegas kepada pihak RSUD yang telah membuang limbah B3 ke TPA Simpang Airport”. Ujar Amrullah, ST Selaku Sekjen MPC PP Kab. PALI.

Pada saat di konfirmasi manajemen RSUD Talang Ubi mengakui limbah B3 Medis yang di temukan menumpuk di TPA Simpang Airport berasal dari mereka, meski begitu manajemen membantah sengaja membuang limbah tersebut.

“Dilihat dari gambar memang benar lambang RSUD Talang Ubi”. Ungkap dr. David Arja,  Kasie Pelayanan Medik RSUD Talang Ubi.

Pernyataan tersebut di benarkan pula oleh Dirut RSUD Talang Ubi, dr. Hj. Tri Fitrianti.

“Kalau di lihat dari gambar lambang limbah medisnya memang benar berasal dari RSUD Talang Ubi, namun kami tidak tahu kenapa bisa di TPA, karena kami dalam menangani limbah B3 sesuai dengan SOP dan untuk pemusnahan Limbah B3 medis kami bekerjasama dengan pihak ketiga”. Ujar Dirut RSUD Talang Ubi saat di sambangi di ruang kerjanya oleh MPC PP Kab. PALI dan awak media @lintasperistiwa. Senin, (16/03/2020).

Anggota Komisi 1 DPRD Kab. PALI yang membidangi Rumah Sakit Budi Hoiru, SHi, saat di mintai komentarnya terkait penemuan Limbah B3 medis di TPA, akan memangil pihak RSUD Talang Ubi pada hari Senin 23 Maret 2020 nanti.

“Nanti kami akan memangil pihak RSUD Talang Ubi pada hari Senin tanggal 23 Maret 2020 nanti, untuk meminta keterangan terkait masalah tersebut”. Ungkap Anggota Komisi 1 DPRD Kab. PALI (Hendri Irdianto, SH)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.