Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

SBH Puskesmas Sri Gunung Berikan Materi Tentang Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka

Selasa, 16 Oktober 2018 | 10:12 am
Reporter: Red
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 132

Foto bersama seusai latihan. Minggu (14/10/2018).

Suasana upacara pembukaan latihan rutin Saka Bakti Husada Puskesmas Sri Gunung dengan pembina upacara kak Andre Saputra di Sanggar SBH. Minggu (14/10/2018).

Suasana saat kak Fenti Suprihartini memberikan materi latar belakang dan landasan hukum penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada di hadapan Santri Husada PP Assalam Al Islamy Sungai Lilin. Jum'at (12/10/2018).

Muba Sumsel LintasPe-

Bertempat di Sanggar Saka Bakti Husada (SBH) Puskesmas Sri Gunung Kwarran Sungai Lilin Kwarcab Musi Banyuasin Kwarda Sumatera Selatan telah dilaksanakan kegiatan latihan rutin mingguan, yakni pemberian materi tentang latar belakang dan landasan hukum penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka setelah sebelumnya pada hari Jumat tanggal 12/10/2018 materi yang sama juga telah disampaikan kepada SBH Santri Husada PP Assalam Al Islamy. Minggu (14/10/2018).

Gerakan Pramuka sebagai pendidikan non formal dan organisasi kepemudaan menjadi wadah pengembangan diri generasi muda sebagai kader bangsa. Pendidikan melalui Gerakan Pramuka ini merupakan salah satu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai tujuan negara yang tertuang dalam konstitusi.

Menanamkan nilai-nilai sikap dan perilaku sehat melalui kegiatan kepramukaan akan membantu percepatan proses kesadaran, kemampuan, kemauan masyarakat untuk hidup sehat. Untuk memberi wadah kegiatan khusus dalam bidang kesehatan perlu di bentuk Satuan Karya Pramuka Bakti Husada.

Hukum menurut E. Utrecht adalah himpunan petunjuk hidup (perintah dan larangan) yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat, dan seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat yang bersangkutan. Oleh karena itu, pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah atau penguasa itu.

Hierarki/tata urutan Peraturan Perundang undangan berdasarkan Undang Undang Nomor 12 Tahun 2011 yaitu UUD 1945, TAP MPR, UU/PERPPU, Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Presiden (Perpres), Perda Propinsi dan Perda Kabupaten/Kota.

Hubungannya dengan kepramukaan yaitu bahwa kepramukaan yang diselenggarakan oleh gerakan Pramuka merupakan wadah pemenuhan hak asasi manusia berdasarkan pasal 28 C dan Pasal 31 UUD 1945.

Pasal 28 C ayat (1)UUD 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Sedangkan pada pasal 28 C ayat (2) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya. Dan pada pasal 31 UUD 1945 menyatakan bahwa tiap tiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

Hak Konstitusional dalam pengembangan diri tersebut melahirkan kewajiban konstitusional bagi negara. Kewajiban Konstitusional ini diwujudkan dalam bentuk upaya penyelenggaraan pendidikan bagi setiap warga negara.

Amanat UUD 1945 tersebut ditindak lanjuti dengan adanya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Pada Pasal 32 ayat (1) huruf a UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka menyatakan bahwa Satuan Organisasi Gerakan Pramuka sebagaimana dimaksud dalam pasal 23 huruf b, huruf c, dan huruf d sesuai dengan tingkannya dapat membentuk Satuan Karya Pramuka.

“Saka Bakti Husada (SBH) Puskesmas Sri Gunung diresmikan pada tanggal 25 April 2017 dengan dilantiknya Pimpinan SBH Puskesmas Sri Gunung oleh Pimpinan SBH Cabang Musi Banyuasin,” ujar kak Fenti Suprihartini selaku Ketua Pelaksana SBH Puskesmas Sri Gunung.

“SBH Puskesmas Sri Gunung merupakan sarana dan wahana guna memupuk, mengembangkan, membina dan mengarahkan minat serta bakat generasi muda terhadap kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Sri Gunung,” lanjut kak Fenti.

Semoga cita-cita untuk mempersiapkan generasi yang lebih baik menjadi kenyataan.

Satu Pramuka untuk satu Indonesia.
Jayalah Saka Bakti Husada
Jayalah Pramuka Indonesia.
Salam Pramuka.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.