Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

SEMINAR ARKEOLOGI “Sinergi Penelitian Arkeologi Yang Berkelanjutan”

Jumat, 29 November 2019 | 12:23 am
Reporter: Ekobepe
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 112
Photo bersama saat Seminar Arkeologi, di hotel Amaria Palembang.

Photo bersama saat Seminar Arkeologi, di hotel Amaria Palembang. Kamis, (28/11/2019)

Photo bersama saat Seminar Arkeologi, di hotel Amaria Palembang.
Photo bersama saat Seminar Arkeologi, di hotel Amaria Palembang. Kamis, (28/11/2019)

 


Palembang LintasPe –

Masih banyak masyarakat awam umumnya yang belum paham tentang kupasan dari penelitian  jejak masa lalu dari proses penelitian, eskavasi hingga penemuan dan kesimpulan yang didapat para ahli arkeologi adalah hal menarik untuk diikuti.

Selama ini hasil yang sudah tergambar secara pasti dan diletakkan di museum adalah satu satunya hal yang bisa menjadi edukasi bagi masyarakat. “Statemen seperti itu tidak salah, dikarenakan informasi terkait penelusuran dan penemuan terkait situs ataupun arkeologi adalah milik arkeolog dan tertutup oleh publik”.
Demikian salah satu ulasan narasumber Chr. Sonny Wibisono dari Pusat Penelitian Arkeologi Pusat yang disampaikan dalam makalahnya. Hadir juga dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan Robby Ardiwidjaya ikut meramaikan diskusi ditemani koordinator acara.

Maka dalam kesempatan tersebut disampaikan, “bahwa salah satunya agar masyarakat tertarik untuk ikut serta dalam pelestarian cagar budaya dan penelitian akan temuan benda bersejarah, bisa dijadikan referensi berupa promosi ataupun hal menarik lainnya agar rasa penasaran terhadap suatu temuan bisa mendatangkan simbiose misalnya dalam hal pariwisata. Tidak melulu sebuah obyek dilihat dari wujud yang ada, bahkan kisah berupa mitos yang berkembang di masyarakat dan segala  sudut pandang klenik maupun keilmuan bisa menjadi suatu paket wisata minat khusus yang akan membikin penasaran mereka yang mau terlibat”.
Jadi peneliti tetap pada posisi keilmuan menentukan proses, masyarakat juga terlibat untuk merasakan edukasi di lapangan bahkan ikut mengamankan temuan tersebut.

Lebih jauh, seminar juga memaparkan hasil hasil penelitian yang selama ini belum diungkap ke ranah publik, seperti temuan di pesisir timur pantai Sumatera, temuan di pulau Enggano, kelanjutan Penelitian Candi Bumiayu, Muaro Jambi dan lain-lain.

Peserta tampak antusias dan bersemangat bukan hanya dari bidang arkeologi, bahkan sake holder kedinasan, sejarawan, mahasiswa dan komunitas pegiat sejarah bertempat di Hotel Amaris Palembang 28 November 2019 sangat antusias berdiskusi setelah pemaparan oleh ahlinya. (Ekobepe)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.