Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman COVID-19 Di PALI

Jumat, 17 Juli 2020 | 2:27 pm
Reporter: Hendri Irdianto, SH
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 472
Husman Gumanti, SE. M. Si Saat Di Sambangi Awak Media Di Ruang Kerjanya

Husman Gumanti, SE. M. Si Saat Di Sambangi Awak Media Di Ruang Kerjanya.

Husman Gumanti, SE. M. Si Saat Di Sambangi Awak Media Di Ruang Kerjanya
Husman Gumanti, SE. M. Si Saat Di Sambangi Awak Media Di Ruang Kerjanya.

 

 

PALI  SUMSEL LINTASPERISTIWA.COM –

Guna Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melaksanakan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 maka pemerintah kabupaten memfokuskan Penerapan Pendisiplinan Protokol Kesehatan pada seluruh sektor kehidupan di antaranya sektor kesehatan, pendidikan, ekonomi, pelayanan publik, sosial dan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Masyarakat PALI sendiri masih banyak warga yang belum mematuhi Protokol Kesehatan sehingga menjadi perhatian serius Pemkab. PALI.

“Dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi Protap COVID-19, maka tim sosialisasi penanganan COVID-19 Kab. PALI akan lebih intensif melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat baik di desa – desa maupun pasar kalangan yang ada di setiap desa” ungkap Husman Gumanti, SE, M. Si selaku Ketua Seksi Operasi dan Sosialisasi Gugus Tugas COVID-19 Kab. PALI

Untuk penerapan tatanan normal hidup baru produktif dan aman COVID-19 akan di susun Rencana Aksi Daerah (RAD) di mana si dalamnya ada aturan yang memberikan sanksi untuk pelanggar penerapan pendisiplinan protokal kesehatan.

“Nanti untuk mendukung pendisiplinan masyarakat akan di susun RAD, dimana salah satu isinya adanya Sanksi Sosial maupun Pidana bagi masyarakat yang melanggar protap kesehatan di tengah pandemi COVID-19 ini” ujar Husman Gumanti, SE, M. Si.

Di tengah tatanan hidup baru produktif dan aman COVID-19 di Kab. PALI masyarakat tidak di perkenankan melakukan kegiatan yang banyak orang guna antisipasi penyebaran COVID-19.

“Masyarakat belum boleh melakukan kegiatan Sosial Budaya/ Persedekahan yang mengumpulkan banyak orang, namun bila di rasa perlu di lakukan agar dengan jumlah orang tertentu saja serta khusus undangan atau tamu yang datang dari daerah pandemi COVID-19 wajib di rapid test dengan biaya di tangung oleh pelaksana kegiatan, ini usaha untuk antisipasi penyebaran COVID-19 di Kab. PALI” kata Husman Gumanti, SE. M. Si yang menjabat pula Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. PALI.

Selain masyarakat yang belum boleh melaksanakan kegiatan yang banyak mengumpulkan orang, kegiatan perekonomian di Kab. PALI juga di wajibkan mematuhi Protap COVID-19, untuk tindakan pencegahan tenaga kesehatan meningkatkan peran serta dan untuk kegiatan pendidikan di sekolah masih menunggu keputusan Menteri Pendidikan.

“Kegiatan perekonomian di pasar – pasar agar selalu mematuhi Protap COVID-19, salah satu langkah yang akan di ambil yaitu menata ulang posisi pedagang sesuai Protap Kesehatan yang berlaku, dan untuk di tiap – tiap pasar kalangan akan di dirikan posko pemantauan penanganan COVID-19, tenaga kesehatan di minta meningkatkan peran serta melalui Puskesmas setempat baik dalam pemerikasaan maupun pengambilan sampel Swab test warga, dan untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah masih menunggu keputusan Menteri Pendidikan” ujarnya.

Tanpa kesadaran masyarakat dan kerjasama semua pihak maka tatanan normal baru produktif dan aman COVID-19 di Kab. PALI tidak akan berjalan dengan semestinya sehingga bisa menyebabkan wabah COVID-19 semakin bertambah.

“Kita mengajak semua pihak baik masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan dengan menggunakan masker, sering cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan agar tatanan normal baru produktif dan aman COVID-19 di Kab. PALI berjalan dengan aman dan wabah COVID-19 berlalu karena tanpa kesadaran masyarakat dan dukungan semua pihak semua bisa sia – sia saja, berkat kerjasama pemerintah, masyarakat TNI, Polri, dan pemangku kepentingan supayo wong PALI sehat galo, sayangi keluarga dengan mematuhi Protap COVID-19” tutup Husman Gumanti, SE, M. Si.(Hendri Irdianto, SH)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.