Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

WOW..!! “Pertama Kali Di SUMSEL, PEMKAB. PALI Bikin Terobosan”

Kamis, 4 Juli 2019 | 2:15 pm
Reporter: Hendri Irdianto., SH
Posted by: redaksi
Dibaca: 834
photo suasana SMKN 2 Penukal Kab. Pali yang pertama kali melaksanakan Program Kesehatan di Provinsi Sumatera selatan. red.

photo suasana SMKN 2 Penukal Kab. Pali yang pertama kali melaksanakan Program Kesehatan di Provinsi Sumatera selatan. red. Rabu, (04/07/19)

photo suasana SMKN 2 Penukal Kab. Pali yang pertama kali melaksanakan Program Kesehatan di Provinsi Sumatera selatan. red.
photo suasana SMKN 2 Penukal Kab. Pali yang pertama kali melaksanakan Program Kesehatan di Provinsi Sumatera selatan. red. Rabu, (04/07/19)

 

Pali Sumsel LintasPe –

Menjawab minimnya tenaga kesehatan khususnya perawat di Indonesia Terutama di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Kab. PALI) maka Pemkab. PALI mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Dua (2) Penukal Program Kesehatan berbasis Keperawatan, yang merupakan khusus SMK Negeri yang melaksanakan Program Kesehatan pertama kali yang ada di Provinsi Sumatera selatan.

Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadillah, mengungkapkan realita terkait minimnya tenaga kesehatan, khususnya perawat di Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari ratio perbandingan tenaga kesehatan per jumlah penduduk. Berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), seharusnya ratio perawat di Indonesia berada di level 18:10.000.

“Kalau ratio kita masih kurang ya berdasarkan WHO, 10 berbanding 10.000 sekarang. Seharusnya 18 berbanding 10.000,” kata dia, dalam diskusi, di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2019).(di kutip dari halaman Liputan6.com terbitan 16/03/2019)

Di Kab. PALI tahun 2019 ini rencananya akan di bangun Rumah Sakit Daerah yang Baru (RSUD) yang baru, sehingga membutuhkan tenaga-tenaga kesehatan Profesional yang lebih banyak lagi.

Heri Amalindo selaku orang no 1 (satu) di Bumi Serepat Serasan, angkat bicara “Insya Allah tahun 2019 ini pembangunan RSUD yang baru di Kab. PALI akan di mulai, diharapkan dengan adanya SMKN 2 Penukal yang berbasis perawat dapat menciptakan SDM – SDM handal di bidang kesehatan khususnya perawat.” Ungkap Bupati Pali ini saat di jumpai beberapa hari lalu di salah satu acara Partai Politik di Kab. PALI

SMK N 2 Penukal yang baru menerima calon siswa didik di tahun ajaran baru 2019/ 2020 di harapkan mampu menelurkan perawat-perawat yang handal khususnya di wilayah Kab. PALI

“Terima kasih kepada Pemkab. PALI yang telah membangun SMKN 2 di desa Air Itam dengan membuka jurusan kesehatan, Alhamdulillah di tahun ajaran 2019/ 2020 telah menerima calon peserta didik dengan jurusan keahlian keperawatan”. Ujar Mutrilgandi,SH selaku Kepsek SMKN 2 Penukal (06/07/2019)

Ditambahkannya lagi “SMK N 2 Penukal di harapkan menciptakan anak didik menjadi tenaga kesehatan yang beriman, berakhlak, profesional, terampil dan mandiri serta mempersiapkan tenaga keahlian di bidang keperawatan khususnya di bidang asistent keperawatan di tingkat SMK”, jelas pria yang lahir di Kerinci ini.

Masyarakat Kab. PALI bisa berbangga hati dengan beroperasinya SMKN 2 Penukal, salah satunya di utarakan oleh Dirut. RSUD Talang Ubi.

“Alhamdulillah jika di pali udah ada smk berbasis perawat, Secara pribadi saya sangat mendukung dan bangga karena di Kab. PALI ini sudah ada SMKN yang berbasis Keperawatan. Ujar Tri Fitrianti.

Ia juga berharap nantinya anak didik yang selesai pendidikan di SMK N 2 Penukal ini melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Saya tetap menyarankan selepas mengenyam pendidikan tingkat SMK mereka tetap melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu D3 atau lanjutannya, karena perawat sendiri ada organisasi dan registrasinya untuk terjun ke dunia kerja dan saya yakin mereka akan lebih mahir, sedangkan Untuk di RSUD Talang Ubi sendiri sebenernya masih kekurangan perawat. Ungkap alumni Fakultas Kedokteran (FK) UNSRI ini.(Hendri Irdianto, SH)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.