Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Pentas Seni Meriahkan HUT ke 38 SMAN I Lhoksukon

Sabtu, 13 Januari 2018 | 7:08 pm
Reporter: Mahdi
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 468

Red. Mahdi- Sekdakab.Abdul Aziz saat menyampaikan sambutannya.

Red. Mahdi - Tari saman duek.

Red. Mahdi - Tar Seudati.

Red. Mahdi - Tari saman duek.

Aceh Utara LintasPe 
 
Dalam rangka ulang tahun ke-38, Sekolah Menengah Atas Negeri  (SMAN) I Lhoksukon kabupaten Aceh Utara, propinsi Aceh menggelar pentas seni  tingkat kabupaten Aceh Utara dan kota Lhopkseumawe.  Acara tersebut akan diselenggarakan selama dua hari mulai Sabtu – Minggu (13-14/01/’18) di halaman sekolah setempat.
 
Mengusung tema “Pengembang Budaya Seni Aceh Dengan Melestarikan Tari Seudati dan Saman Duek” (Mate Anuek Meupat Jrat Mate Adat Pat Tamita), HUT ke 38 dihadiri langsung oleh Sekdakab. 
 
“Pada HUT SMP Ke-38 tahun ini, Alhamdulillah kami bisa merayakan secara frein perdana. Ini semua tidak lepas dari peran serta kerja keras para guru-guru dan siswa siswi. Mereka begitu antusias mempersiapkan semua perlengkapan sampai terlaksananya acara perayaan HUT sekolah ini, juga para alumni yang begitu mensuport akan pelaksanaan kegiatan ini.” ucap kepala SMAN I Lhoksukon, Ahmad Yamani, M.Pd dengan semangat kepada media ini disela-sela acara HUT SMAN I Lhoksukon berlangsung.
 
Dijelaskannya. momen HUT yang dirangkaikan dengan Tari Saman Duek dan Seudati,  juga untuk menggali dan mengembangkan minat bakat siswa, termasuk menjalin keakraban diinternal SMA I Lhoksukon maupun dengan sekolah lainnya. Untuk permainan Tari Saman Duek dimainkan oleh grup yang beranggotakan siswa putri, sedang Seudati diperankan oleh grup yang beranggotakan peserta didik putra.
 
“Maksud dan tujuan di laksanakan kegiatan ini untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas dan untuk memotivasi peserta didik sehingg tampil jika ada kegiatan di tataran regional baik itu di tingkat Sekolah, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional”. Ujarnya.
 
Terkait kegiatan ini akan digelar selam dua hari, dan diikuti oleh peserta dari SMAN I Lhoksukon, SMAN I Syamtalira Bayu, SMAN I Muara Batu, SMA I Paya Bakong, SMK Farmasi Panton Labu, SMKN  I Lhoksukon, SMAN I Matang kuli, SMAN I Tanah Luas, SMAN I Samudra, SMKN 5 Lhokseumawe. Kepada disediakan hadiah piala plus uang tunai.
 
Sekdakab. Aceh Utara, Abdul Aziz menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada keluarga besar SMAN I Lhoksukon, diusia 38 tahun semakin berjaya serta mampu menjadi institusi pendidikan terpercaya yang mampu bersaing di era global.
 
Melalui pentas seni yang dilakukan saat ini, salah satu langkah awal untuk melestarikan seni  budaya daera di kalangan anak muda. Jadi memang kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan di sekolah lainnya untuk lebih memperkenalkan budaya Aceh”. Katanya. (mahdi)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.