Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Bupati Lantik 24 Pengurus MPD Aceh Utara Periode 2018-2023

Selasa, 16 Januari 2018 | 1:21 pm
Reporter: Mahdi
Posted by: redaksi
Dibaca: 598

Foto: Prosesi pelantikan pengurus MPD Aceh Utara 2018-2023 oleh Bupati Aceh Utara, H.Muhammad Thaib di aula Setdakab. Aceh Utara, Senin (15/01)

Foto: Prosesi pelantikan pengurus MPD Aceh Utara 2018-2023 oleh Bupati Aceh Utara, H.Muhammad Thaib di aula Setdakab. Aceh Utara, Senin (15/01)

Aceh Utara LintasPe –
 
Sejumlah 24 anggota pengurus Majelis Pendidikan Daerah (MPD) kabupaten Aceh Utara, propinsi Aceh  masa bhakti 2018 – 2023 dilantik langsung oleh Bupati H. Muhammad Thaib.
 
Acara Pelantikan pada hari Senin (15/01/2018) di aula Sekdakab. Aceh Utara, dihadiri para pimpinan Forkopimda kabupaten Aceh Utara, pimpinan alim ulama dan pimpinan Lembaga Keistimewaan kab. Aceh Utara, kepala dinas dan kantor. Tokoh pemerhati pendidikan dan peduli pendidikan, para kepala madrasah/sekolah dan komite sekolah/madrasah dan para undangan lainnya.
 
Dalam sambutannya Bupati H. Muhammad Thaib mengatakan Majelin pendidikan Daerah (MPD) merupakan lembaga daerah sebagai representasi masyarakat dalam bidang pendidikan yang diatur sesuai Qanun nomor 5 tahun 2009. Ditingkat  nasional disebut Dewan Pendidikan Nasional beradasarkan Kementerian Pendidikan Nasional nomor 044/U/2002 dan PP no.17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
 
“Tujuannya dibentuknya MPD adalah untuk  meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan pendidikan,” katanya.
 
Bupati berharap melalui kepengurusan yang baru akan dapat membawa pencerahan serta kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Aceh Utara. Seraya menambahkan seberat apapun permasalahan pendidikan selalu ada jalan keluarnya dan solusi. Syarat islam mengajarkan kita, bahwa Fainna Ma’al ‘usri Yusraa Inna Ma’al ‘usri Yusra artinya “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (QS.Alam Nasyrah 5)
 
“Oleh karena itu, agar pengurus MPD untuk dapat bersinergi bersama Dinas pendidikan dan kebudayaan (P dan K)dan pemangku kepentingan pendidikan bisa berkoordinasi guna meningkatkan kulitas pendidikan,” ajak Cek Mad sapaan H. Muhammad Thaib.
 
Dia menambahkan bahwa  Majelis pendidikan diharapkan  juga harus mampu menjalin komunikasi yang positif dan mengembangkan jejaring kemitraan dengan dinas P dan K  Aceh Utara dapat menampung keluhanan dari berbagai elemen masyarakat melalui penyelenggraan pendidikan yang berkualitas. di Kabupaten Aceh Utara. Sebagai mittra dinas P dan K, Majelis Pendidkan kali ini diharapkan bisa menghasilkan kualitas pendidikan yang labih baik. Ada empat fungsi MPD yang yang berpengaruh bagi dunia pendidikan di kabupaten Aceh Utara, fungsi rekomendasi kepada Bupati terutama untuk Pertimbangan (Advisory Agency), Pemberi dukungan (Supporting Agency), Melakukan Pengawasan (Controling Agency), Manjadi mediasi antara Pemerintah, sekolah dan masyarakat (Mediator Agency).
 
“Pengurus MPD yang berasal dari berbagai kalangan termasuk para pakar pendidikan, tentunya, bisa menjadi tombak dalam menghadapi persoalan-persoalan pendidikan di Aceh Utara dalam mendorong sekolah  menjadi institusi pendidikan yang dikelola secara profesional dan otonom,” katanya.
Lanjutnya, Majelis pendidikan harus mampu mencari solusi yang tepat dalam mengatasi berbagai masalah pendidikan di darah ini.
 
“Dengan cara  mendoronng masyarakat agar mempunyai semangat tinggi untuk berperan aktif dalam mendukung pendidikan,” imbuhnya lagi.
 
Sementara itu Ketua Majelis Pendidikan Kabupaten Aceh Utara, Drs.Anwar menyampaikan bahwa keberadaan Majelis Pendidikan sebagai mitra pemkab dalam memajukan dunia pendidikan. Majelis  Pendidikan pun siap mendukung berbagai program dan kebijakan pemkab yang berkaitan dengan bidang pendidikan.
 
“Maka dari itu kita harus bergerak memajukan pendidikan di kabupaten Aceh Utara,” ujarnya.
 
Susuanan pengurus MPD yang tertuang dalam  surat keputusan Bupati Aceh Utara nomor 420/599/2017 tanggal 1 Desember 2017. Berikut daftar susunan keanggotaan pengurus Majelis pendidikan kabupaten Aceh Utara masa bhakti 2018 sampai dengan 2023 diantara lain, Drs.Anwar (Ketua), Drs.H. Afifuddin  (Wakil Ketua I), Sumiati, SH, M.Hum (wakil ketua II), Drs A. Murtala, M.Si (wakil ketua III) dan beberapa komisi-komisi lainya. (mahdi) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.