Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Gembleng Jiwa Tangguh dan Profesional, Kodim Demak Gelar Pembinaan Saka Wira Kartika

Sabtu, 12 Mei 2018 | 1:30 pm
Reporter: (Pendim 0716/Demak)
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 283
Kodim 0716/Demak bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Demak telah membuka kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika di Gugus Depan Soedirman Kodim 0716/Demak yang dikuti para generasi muda khususnya para pelajar di wilayah Demak,Sabtu (12/05/2018).

Kodim 0716/Demak bersama Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Demak saat membuka kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika di Gudep Soedirman Kodim 0716/Dema. Sabtu (12/05/2018).

 
 
 
DEMAK LintasPe –
 
Sebagai bentuk pembinaan generasi muda, Kodim 0716/Demak bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Demak telah membuka kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika di Gugus Depan Soedirman Kodim 0716/Demak yang dikuti para generasi muda khususnya para pelajar di wilayah Demak,Sabtu (12/05/2018).
 
Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Triwulan II Ta. 2018 oleh Kodim 0716/Demak kali ini mengangkat tema “TNI AD PEMBINAAN KEPRAMUKAAN SAKA WIRAKARTIKA TA. 2017 DI JAJARANNYA IKUT SERTA MEMBINA DAN MEMBENTUK GENERASI MUDA BANGSA YANG BERKARAKTER DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN SERTA MENUMBUHKAN RAS CINTA TANAH AIR DAN MEMPERERAT KE-BHINEKA TUNGGAL IKA-AN GUNA MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA” .
 
Selain itu, dapat menunjang terbentuknya karakter generasi muda yang tangguh, profesional, berdisiplin tinggi serta berwawasan kebangsaan, Siswa siswi di kabupaten Demak ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut semuanya sepakat mengikuti kegiatan kepramukaan yang dikoordinir oleh Kodim 0716/Demak.
 
Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto selaku pembina Pramuka “Saka Wira Kartika” yang di wakili oleh Kasdim 0716/Demak Mayor Inf Harianto berkesempatan memaparkan Materi Wasbang, Bela Negara dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegaradan Bahaya Latin Komunis (Balatkom) kepada para anggota “Saka Wira Kartika”.
 
Sedangkan para Pembina dari Kodim 0716/Demak menyampaikan materi dan ilmu pengetahuan, diantaranya pelatihan tentang baris berbaris, pengetahuan tentang tata cara penghormatan, pengetahuan tentang peta dan kompas, pengetahuan tentang bongkar pasangtenda serta teori tentang sandi-sandi kepramukaan.
 
“Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan memiliki semangat juang dalam bela Negara, agar apayang menjadi tujuan kegiatan ini dapat tercapai dengan baik,” tandasnya. Para peserta terlihat antusias menerima arahan dari kakak Pembina mereka, dalam hal ini Pelda Jumbadi.
 
Di tengah terik matahari yang mulai menyengat, mereka secara bergantian dengan semangat mengikuti dan mencoba hal-hal yang telah diajarkan Sesuai hasil koordinasi dengan pihak sekolah, kegiatan ini akan terus menerus dilaksanakan dengan mengambil waktu di luar pelajaran dan kegiatan formal sekolah agar tidak mengganggu konsentrasi mereka dalam belajar.
 
Salah satu siswi, Diah Elo mengaku senang dengan kegiatan ini. “Karena selain bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan, kegiatan ini juga dapat mengurangi efek negatif dari kegiatan di luar yang kurang mendidik, seperti pergaulan bebas, minuman keras, narkoba,dan sebagainya,” tukasnya. (Pendim 0716/Demak)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.