Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Indikasi Adanya Pungli di SMP N. 1 Babat Toman, Kepsek Angkat Bicara

Selasa, 18 September 2018 | 8:39 pm
Reporter: Ahmad Jahri
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 474

 
MUBA SUMSEL, LintasPe-
 
Diduga adanya pungutan liar (pungli) oleh pihak komite di SMP Negeri 1 Babat Toman Sebesar Rp. 450.000 hingga Rp. 750.000 untuk pembuatan Aula sekolah dan di duga pungutan pembuatan Taman Sekolah Rp. 60.000/Siswa membuat. Muri S.Pd, selaku kepala sekolah setempat angkat bicara, Selasa 18/09/18.
 
Saat di wawancari awak media, Muri mengakui jika untuk taman itu adalah ide dari pihak sekolah, sementara aula hasil musyawarah bersama antara wali murid dan pihak komite sekolah. Namun iapun membantah perihal adanya pungutan di SMP N 1 Babat Toman. 
 
“Kalau untuk taman memang itu murni ide dari kami, namum untuk Aula itu hasil musyawarah dan persetujuan bersama serta telah dua kali rapat antara wali murid dan komite sekolah guna membahas aula tersebut,  dan itupun dananya sumbangan tanpa paksaan” ujarnya.
 
“Sayapun tidak tahu tentang kapan di tetapkannya angka nominalnya oleh pihak komite sekolah, karna saya tidak ikut rapat dengan adanya permasalahan dan pemberitaan kemarin saya sudah menghadap pak Alias bahwasanya saya siap mundur dari kepala sekolah dan menjadi guru karena saya pusing dengan masalah ini karna saya tidak ada ditempat saat rapat kesepakatan tersebut,” jelasnya. 
 
Lebih lanjut, “Selain itu SMP N. 1 Babat Toman saat  ini mendapat predikat dan terpilih menjadi sekolah sehat sekabupaten Musi Banyuasin dan empat siswa yang akan dikirim ke Australia dalam jangka dekat ini untuk mewakili Provinsi, ” tandasnya. 
 
Menurut Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 87 Tahun 2016 di larang keras kegiatan pungli dan ada 58 bentuk kategori pungutan liar di sekolah termasuk salah satunya pungutan uang pembangunan sekolah. Kemudian Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite bahwasannya menjelaskan Komite Sekolah sama sekali tidak boleh melakukan pungutan, hal itu sebagaimana diatur dalam Pasal 10, Pasal 11 dan Pasal 12. (Ahmad Jahri) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.