Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Prajurit Korem 044/Gapo Terima Pelatihan Pengoperasian Drone

Senin, 10 September 2018 | 9:47 pm
Reporter: Red
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 97

PALEMBANG SUMSEL, LintasPe-

Bertempat di lapangan apel Markas Korem 044/Gapo, personel Penerangan Korem 044/Gapo dan perwakilan dari masing-masing Staf Korem 044/Gapo mengikuti pelatihan pengoperasian Drone yang dipandu oleh tehnisi Bapak Fajar dari komunitas Drone Bandung, Senin (10/9/2018).

Pelatihan Drone tersebut adalah untuk mengenalkan cara mengoperasionalkan Drone, dengan tujuan agar setiap prajurit Korem 044/Gapo khususnya Penrem memahami tentang cara mengoperasionalkan dan pengolahan data hasil video/foto yang diambil menggunakan Drone sehingga diharapkan mampu dan  dapat melaksanakan tugas pokoknya yang semakin kompleks dan modern.

Pelatihan diawali dengan teori praktis tentang pengetahuan Drone yang meliputi hal-hal yang harus dikenali sebelum menerbangkan drone yaitu mengenal mode remote control dan memasang baling-baling, dan selanjutnya praktek menerbangkan dan menurunkan Drone.

Kepala Penerangan Korem 044/Gapo Mayor Inf Aris Barunawan menyampaikan, bahwa pengetahuan Drone ini sangat penting bagi prajurit Penerangan, karena setiap kegiatan yang berkaitan dengan dokumentasi tidak hanya menggunakan video/camera foto tetapi dapat juga menggunakan Drone. Sedangkan bagi prajurit satuan kewilayahan khususnya yang terlibat dalam Satgas Karhutbunla, Drone ini dapat juga digunakan untuk patroli dalam melakukan pelacakan dan pengintaian melalui udara ditempat-tempat yang sulit dijangkau.

“Apalagi Drone digunakan ditempat yang terbuka tentunya hasil dokumentasi yang didapat akan menjadi lebih baik. Dan untuk patroli Karhutbunla Drone yang dapat terbang dengan ketinggian 200 meter dapat memantau ribuan meter lahan obyeknya. Untuk itu, setiap prajurit Penerangan dan prajurit Satkowil harus mampu mengoperasionalkan Drone dengan baik sesuai dengan tugasnya dalam rangka mendukung tugas pokok,” terang Kapenrem.

Kapenrem 044/Gapo juga berharap, dengan dioperasionalkan Drone ini dapat membantu Tim Satgas Darat Karhutbunla dalam mempercepat mendeteksi, mengetahui posisi dan pemetaan terjadinya kebakaran dalam melaksanakan tugas patroli, sehingga cegah dini dapat dilaksanakan dengan maksimal. “Diharapkan dalam patroli Karhutbunla keberadaan terjadinya kebakaran dapat segera diketahui melalui alat canggih ini,” ujar Mayor Aris. (Red) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.