Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

100 Babinsa Korem 044/Gapo Diterjunkan Dukung Program Upsus Percepatan Tanam

Kamis, 13 September 2018 | 2:49 pm
Reporter: Red
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 117

PALEMBANG SUMSEL, LintasPe-

Dalam rangka mendukung program Upsus (Upaya Khusus) percepatan tanam di Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Sumsel bekerjasama dengan Korem 044/Gapo melaksanakan pelepasan 100 personel Babinsa jajaran Korem 044/Gapo untuk melakukan kegiatan gerakan olah lahandan olah tanam di wilayah Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Banyuasin.

Pelepasan 100 Babinsa ini dipimpin langsung oleh Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian RI Bapak Dr. Ir. Momon Rusmono, MS. yang didampingi oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. diwakili Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Letkol Inf Feridian Prabawa, S.H. bertempat di lapangan apel Markas Korem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palmbang pada Kamis (13/9) pagi dan dihadiri oleh Pjs. Dandim 0430/Banyuasin Mayor Czi Agus Supriyadi, S.Ag., Danyonif 141/AYJP Letkol Inf M. Aan Setiawan, S.Sos. selaku Dansatgas LTT Prov. Sumsel, Kadistan Prov. Sumsel, dan Kadistan Kabupaten Banyuasin.

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian RI Bapak Dr. Ir. Momon Rusmono, MS. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Kementan RI telah menetapkan beberapa program pertanian, salah satunya adalah Upsus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (Pajale). Provinsi Sumsel merupakan salah satu Provinsi penyangga untuk tercapainya kedaulatan pangan nasional, dan saat ini Sumsel menduduki rangking 6 sebagai sentra produksi pangan nasional. “Oleh karena itu, kita bertekad menjaga agar produksi pangan di Sumsel tetap terjaga bahkan harus kita tingkatkan, kita berharap Sumsel mempunyai potensi yang sangat besar menjadi sentra pangan nasional, bahkan bisa menjadi salah satu lumbung pangan dunia di NKRI,” ungkap Momon Rusmono.

Selain itu, Bapak Dr. Ir. Momon Rusmono, MS. mengatakan, program Upsus percepatan tanam dan olah lahan di Provinsi Sumsel dipusatkan di Kabupaten Banyuasin, karena Banyuasin mempunyai potensi yang sangat besar guna mendukung pencapaian target yang telah ditetapkan oleh Kementan. “Sesuai data, di Provinsi Sumsel saat ini terdapat 615 ribu hektare lahan siap olah/tanam dan 31%-nya atau seluas 192 ribu hektare lahan ada di Kabupaten Banyuasin. Dengan potensi yang luar biasa tingginya ini kita maksimalkan menjadi realisasi untuk tanam. Pemerintah juga sudah memberikan bantuan berupa Alsintan (Alat Mesin Pertanian) dan benih serta pupuk bersubsidi,” terang Momon Rusmono.

Sementara itu, Kasiter Korem 044/Gapo Letkol Inf Feridian Prabawa, S.H. mengatakan, bahwa pengerahan prajurit TNI khususnya Babinsa ini dalam rangka mendukung program swasembada pangan nasional melalu program Upsus percepatan luas olah lahan dan luas tambah tanam bekerjasama dengan pemangku kepentingan dilapangan. “Kita akan bekerjasama dengan penyuluh pertanian, POPT, Kades, Gapoktan dengan bergerak dilapangan, sehingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai walaupun saat ini hujan belum optimal,” jelas Kasiter. (Red/ Ril) 

 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.