Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Dandim 0403/OKU Dan Bupati OKU Selatan Panen Raya Jagung Di Desa Gemiung

Senin, 4 Maret 2019 | 10:41 am
Reporter: Red/Rilis
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 85

 

OKU SUMSEL, LintasPe

Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, S.Sos. bersama Bupati OKU Selatan Popo Ali M.B. Commerce, Wakil Bupati, Kapolres OKU Selatan dan perwakilan Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu menghadiri acara panen raya jagung hibrida di Desa Gemiung Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Dan acara tersebut juga dihadiri oleh sekitar 500 orang masyarakat tergabung dalam Gapoktan Desa Gemiung dan para petani jagung lainnya.

Desa Gemiung merupakan salah satu sentra penghasil jagung pipil terbesar di OKU Selatan. OKU Selatan merupakan salah satu Kabupaten terbesar kedua di Sumatera Selatan setelah Musi Banyuasin sebagai penghasil jagung dengan realisasi tanam jagung mencapai 50.051 hektar dengan luas panen mencapai 49.950 hektar. Jumlah produksi mencapai 353.646 ton Jagung Pipil Kering (JPK) atau 106,6% dari target yang ditetapkan pemerintah tahun 2018.

Bupati OKU Selatan Popo Ali M.B. Commerce mengaku bangga atas pencapaian masyarakat, khususnya kelompok tani jagung yang bisa menempatkan Kabupaten OKU Selatan sebagai penghasil terbesar kedua setelah Musi Banyuasin di Sumatera Selatan.

“Saya menyambut baik panen raya jagung ini, semoga menambah motivasi para petani untuk terus berupaya meningkatkan produksi jagung. Namun yang paling penting adalah peranan pemerintah baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten untuk dapat menjaga stabilitas harga sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat”, harapan Bupati.

Dikatakannya perhatian pemerintah sudah baik dengan adanya berbagai bantuan seperti bibit, pupuk dan alat pertanian sehingga sangat membantu para petani di OKU Selatan.

“Tingkatkan terus hasil produksinya sesuai harapan pemerintah yang akhirnya dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat”, kata Popo Ali.

Ia juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam upaya peningkatan hasil produksi maupun luas tanam jagung di OKU Selatan mulai dari Pemprov, Kodim 0403/OKU yang telah mengerahkan seluruh personelnya dalam upaya pendampingan terhadap para petani jagung di OKU Selatan.

“Terimakasih juga kepada TNI sebagai pendampingan kegiatan Upsus Pajale di wilayah Kabupaten OKU Selatan. Pada tahun 2018, kita telah melampaui target hingga 106,6 persen, sementara target di tahun 2019 ini mencapai 51.541 hektar dan kita sangat optimis dapat juga melebihi target yang ditetapkan”, pungkas Bupati OKU Selatan.

Sementara itu, Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, S.Sos. menambahkan, bahwa dalam rangka peningkatan produksi pertanian, TNI bersama Kementerian Pertahanan telah melakukan langkah kerja sama dalam Upaya Khusus (Upsus) dengan melakukan pendampingan terhadap para petani di wilayah Kodim 0403/OKU.

“TNI AD melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan penyuluh pertanian selalu siap melakukan pendampingan terhadap para petani kita sehingga hasil dan kualitas produksi pertanian semakin meningkat”, ungkap Dandim OKU.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.