Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Masjid “Baitul Makmur” ikon Muba yang Dilupakan

Senin, 16 April 2018 | 12:14 pm
Reporter: Ahmad Jahri
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 311

Halaman Parkir Masjid Baitul Makmur yang Rusak dan tidak ada Perbaikan Senin 16/04/2018

Kondisi plafon masjid Baitul Makmur Sekayu Senin 16/04/2018

Lokasi halaman Masjid Baitul Makmur di tumbuhi Rumput Liar Senin 16/04/2018

Muba LintasPe

Prihatin, mungkin itu adalah ungkapan yang pas melihat kondisi rumah ibadah umat Islam dan kebanggaan masyarakat Sekayu kabupaten  Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Masjid yang dulunya akan dijadikan ikon Bumi Serasan Sekate tersebut kini kondisinya terbengkalai seakan-akan di lupakan.

“Sudah lebih setahun Masjid ini seperti dilupakan masyarakat maupun pemerintah daerah sini pak,” kata salah satu pekerja yang namanya enggan di sebutkan, terlihat tengah membersihkan sisi belakang halaman Masjid tersebut, Senin, (16/4/18).

Ia tidak menampik sejumlah sisi bangunan Masjid Baitul Makmur yang telah mengalami kerusakan. Seperti plafon yang bocor diberbagai sisi, semak belukar yang sudah tumbuh menyemak disamping dan halaman belakang masjid, serta lapangan parkir yang sudah hancur dan penuh kubangan lumpur.

“Kalau hujan turun, persis di posisi imam itu bocor pak,”ujarnya dengan mimik sedih.

Menurut dia, selain tidak terawat dan bocor diberbagai tempat, kondisi lapangan parkir yang penuh lumpur juga menjadi penyebab jemaah enggan beribadah di masjid tersebut.

“Paling yang ramai hanya saat Shalat Jumat, kalau Magrib paling hanya 5 orang saja. Kasian kan pak, Masjid yang besar dan megah ini tidak dimanfaatkan,”imbuhnya.

Dalam pantauan awak media LintasPe-Kondisi Masjid memang terlihat sepi dan halaman parkir terlihat hancur. Sementara rumput liar setinggi 50 Centi Meter terlihat tumbuh subur di hampir semua sisi dan belakang Masjid. Demikian juga dengan sejumlah kotak yang terbuat dari semen yang sedianya berisi tanaman bunga terlihat kosong dan ditumbuhi rumput.

Seperti diketahui, Masjid Baitul Makmur yang terletak di Jalan Lingkar Randik Kelurahan Serasan Jaya tersebut diberi nama dan diresmikan Plt Bupati Muba Beni Hernedi seperti yang tertulis dalam prasasti pertanda diresmikan pemakaiannya.

Masjid megah yang dibangun sebagai tempat beribadah umat muslim tersebut sengaja diberi nama yang secara bahasa artinya Rumah Allah yang dimakmurkan kini menunggu uluran tangan dan perhatian Pemerintah Kab. Muba untuk di makmurkan karena kondisi yang tidak terawat dan terbengkalai, (Ahmad Jahri).

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.