Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Danrem 044/Gapo Pimpin Rakor Pengendalian Karhutbunla Di Lingkungan Perusahaan, Perkebunan Dan HTI

Selasa, 24 Juli 2018 | 4:40 pm
Reporter: Red
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 168

 

PALEMBANG, SUMSEL LintasPe-

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) di wilayah Sumatera Selatan menjelang Asian Games 2018, Satuan Tugas (Satgas) Karhutbunla Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian Karhutbunla di lingkungan Perusahaan, Perkebunan dan Hutan Tanaman Industri (HTI) bertempat di Balai Prajurit Markas Korem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang, Selasa (24/7/2018).

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Dansatgas Karhutbunla Provinsi Sumsel yang juga menjabat sebagai Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E., dan dihadiri lebih dari 150 peserta, baik dari instansi pemerintah Provinsi Sumsel, Polda Sumsel dan perwakilan dari perusahaan, perkebunan dan HTI yang ada di wilayah Sumsel.

Dalam sambutannya, Dansatgas Kolonel Inf Iman Budiman, S.E.menyampaikan, bahwa Siaga Karhutbunla telah ditetapkan oleh Gubernur Sumsel yang dibagi menjadi tiga zona, yaitu zona hijau berarti normal, zona kuning berarti awas dan zona merah waspada. Seluruh Satgas Karhutbunla sudah bergerak di lapangan dan sudah 90% tugasnya telah dilaksanakan. “Sejak tanggal 20 Juli hingga 5 September 2018 merupakan zona merah, semua personel dan perlengkapan sudah siap berada di lokasi rawan Karhutbunla dengan tugas masing-masing, yang terdiri dari Subsatgas darat, Subsatgas udara, Subsatgas penegakkan hukum, Subsatgas sosialisasi dan penerangan, Subsatgas kesehatan dan Subsatgas doa,” terang Kolonel Budiman.

Pada kesempatan tersebut, Dansatgas juga menyampaikan antisipasi Satgas terhadap perilaku masyarakat dalam mengolah lahan dengan cara membakar. Ini adalah tindakan/perilaku yang salah, dan perlu diberi pengertian kepada masyarakat untuk tidak membakar. “Mari kita sama-sama melaksanakan tugas membantu pemerintah dalam menanggulangi kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah Sumsel, dalam waktu dekat di Kota Palembang akan digelar Asian Games, dan harus bebas asap, dengan menjaga wilayah masing-masing agar tidak muncul api,” jelas Dansatgas.

Selain itu, Dansatgas menekankan bahwa, “Sekarang ini kita sudah bicara masalah hukum, bagi siapa saja yang memiliki tanah/lahan terbakar, maka langsung akan diproses secara hukum bagi pemilik tanah maupun pembakarnya,” tegas Dansatgas.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Lingkungan Hidup Bapak Yulizar Binoto menyampaikan, bahwa pada akhir-akhir minggu ini telah terjadi kebakaran di beberapa wilayah di Sumsel yang diakibatkan oleh cara-cara pembukaan lahan maupun yang lainnya. “Untuk itu kita harus segera bertindak jangan sampai muncul api, apalagi pelaksanaan Asian Games sudah dekat, kita harus sukseskan dengan tidak ada asap akibat kebakaran,” terang Yulizar.

Yulizar lebih lanjut mengajak kepada seluruh instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Karhutbunla Provinsi Sumsel dan para pengusaha, perkebunan dan HTI untuk terus bekerjasama dalam menanggulangi kebakaran hutan, kebun dan lahan dengan melakukan berbagai upaya pencegahan. “Mari kita sama-sama jaga jangan sampai ada kebakaran di wilayah Sumsel,” pungkas Yulizar. (Red) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.