Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

PKPI Lolos Sebagai Peserta Pemilu 2019

Kamis, 12 April 2018 | 3:00 pm
Reporter: Selamat Harefah
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 280
Foto ; Melkhisedek Harefa (ketua DPK PKPI) Kota gusit.

Foto ; Melkhisedek Harefa (ketua DPK PKPI) Kota gusit.

Foto ; Melkhisedek Harefa (ketua DPK PKPI) Kota gusit.

Gunungsitol LintasPe –

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) mengabulkan gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), PTUN memutuskan memerintahkan KPU menerbitkan SK untuk PKPI sebagai peserta Pemilu 2019.

“Menyatakan batal Surat Keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2019 yang pada pokoknya menetapkan PKPI tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu”, kata hakim dalam sidang di PTUN Jalan A Sentra Primer Baru Timur, Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (11/4/2018) kemarin.

“Memerintahkan tergugat untuk mencabut Surat Keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2019. Memerintahkan tergugat untuk menerbitkan surat keputusan tentang penetapan penggugat, PKPI, sebagai parpol peserta Pemilu 2019”, sambung hakim membacakan amar putusan.

Sebelumnya, KPU menyatakan PKPI tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019. KPU menyampaikan pengumuman rekapitulasi nasional hasil verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2019 itu pada Sabtu, 17 Februari 2018.

Dari hasil rekapitulasi verifikasi PKPI, partai besutan AM Hendropriyono itu dinyatakan KPU tidak berhasil memenuhi batas kepengurusan/keanggotaan minimal 75 persen pada kabupaten/kota di 34 provinsi. PKPI disebut KPU tidak memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan di 4 provinsi dan 73 kabupaten/kota.

Atas keputusan KPU, PKPI mendaftarkan gugatan banding ke Bawaslu. Namun gugatan di Bawaslu ditolak. Dari Bawaslu, PKPI mengajukan banding ke PTUN pada Kamis (8/3). Putusan PTUN akhirnya memenangkan gugatan PKPI.

Melkhisedek Harefa, sebagai Ketua DPK PKPI Kota Gunungsitoli berucap Syukur kepada Tuhan. “Puji Tuhan, keputusan PTUN tgl 11 April 2018 tentang dikabulkankannya gugatan PKPI sehingga menjadi peserta pemilu maka kami sebagai kader PKPI merasa bersyukur atas keputusan PTUN tersebut”.

Sebagai ketua DPK PKPI Kota Gunungsitoli tentu saja harus lebih semangat mengejar ketertinggalan akibat berapa kali PKPI dinyatakan tidak lolos verifikasi oleh KPU, lebih-lebih dalam hal penjaringan bacaleg kami mengutamakan kader-kader PKPI yang sudah berjuang bersama kami selama ini dan kami juga membuka peluang utk putra-putri terbaik diluar kader PKPI menjadi bacaleg di Partai Keadilan dan Persatuan Indonesi (PKPI) tentu saja melalui tahapan-tahapan penjaringan yg berlaku di PKPI.

Untuk itu kami mohon kepada masyarakat agar tidak segan-segan memberikan sumbangsih pemikiran dan saran agar calon wakil rakyat yg berasal dari PKPI benar-benar cakep dalam menjalankan amanah, komunikatif, tegas dan tidak neko-neko, tidak mementingkan diri sendiri dan memihak kepada kepentingan masyarakat banyak, ucapnya saat di konfirmasi di Sekretariat DPK PKPI Kota Gunungsitoli, Kamis 12/04/2018.

Melkhisedek menambahkan, Inilah pernyataan resmi kami setelah keluarnya keputusan PTUN tentang keikut sertaan PKPI di pesta demokrasi April 2019 “Salam Keadilan dan Persatuan” Merdeka, ujarnya dengan semangat berapi-api.

Semoga kedepannya PKPI setidaknya Mampu merebut kursi Legislatif satu fraksi khusus nya di Kota Gunungsitoli”, Tandasnya saat awak media mengkonfirmasi melalui Via Seluler.(Selamat Harefah) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.