Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

ASN Dalam Jajaran Pemkab Muba, Dituntut Untuk Kuasai Teknologi Informasi

Senin, 29 Januari 2018 | 2:22 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 710

Dalam launching Aplikasi E-Kelembagaan Kabupaten Muba di tandai dengan menekan tombol Opening aplikasi dalam perangkat teknologi yan tersedia, di Audotorium Pemkab Muba. Senin (29/01/2018).

Suasana Implementasi E-Kelembagaan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) di launching oleh Direktur FKKPD Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) di Audotorium Pemkab Muba. Senin (29/01/2018).

Foto bersama usai launching Aplikasi E-Kelembagaan Kabupaten Muba di tandai dengan menekan tombol Opening aplikasi dalam perangkat teknologi yan tersedia di Audotorium Pemkab Muba. Senin (29/01/2018)

Sekayu Muba LintasPe-

Implementasi E-Kelembagaan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) di launching oleh Direktur FKKPD Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) di Audotorium Pemkab Muba. Senin (29/01/2018).

Aplikasi E-Kelembagaan merupakan suatu perangkat teknologi yang memuat informasi lengkap tentang format kelembagaan, tugas pokok dan fungsi organisasi, informasi jabatan, peta jabatan hingga sampai pada kelas jabatan (Job Grading) beserta perhitungan beban kerja riil setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jajaran pemerintah Kabupaten Muba yang dilakukan secara On-line dan terintegrasi dengan Kemendagri.

Berdasarkan pantauan awak media lintaspe, dalam launching Aplikasi E-Kelembagaan Kabupaten Muba di tandai dengan menekan tombol Opening aplikasi dalam perangkat teknologi yan tersedia yang dilakukan oleh Bupati Muba diwakili oleh Sekda Muba Drs. H Apriyadi M.Si, Ketua DPRD Muba Abusari SH, M.Si, Kapolres Muba AKBP. Rahmat Hakim S.Ik, Kajari Muba Maskur SH MH, Wakil Ketua Pengadilan Agama Sekayu Yunadi S, Ag, Dandim 0401/Muba diwakili oleh Pasi Pers Kapten Zainuri, Kepala Bagian Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian, Sistem dan Prosedur Penilaian Kinerja ASN Badan Litbang Kemendagri RI, Dr. Nurdin S.Sos M.Si, dan disaksikan oleh seluruh perangkat Daerah, Sekretaris Dinas, Kasubbag Kepegawaian, Kepala Bagian dan Camat dalam jajaran Pemkab Muba.

Dalam Laporan Kepala Bagian Organisasi Setda Muba, Azizah S.Sos MT, mengatakan bahwa pada Kabupaten Muba pertengahan September 2017 yang lalu, sudah mulai melakukan penataan kelembagaan dan tata kelola organisasi pemerintah Daerah melalui aplikasi teknologi informasi E-Kelembagaan dengan difasilitasi oleh Direktorat FKKPD Kementerian dalam Negeri RI.

“Hingga hari ini, Kabupaten Muba melalui bagian organisasi Setda Muba telah menyelesaikan 95 % input data peta jabatan, informasi jabatan, kelas jabatan dan menyelesaikan seluruh pembuatan User Name dan Password ASN di masing-masing perangkat Daerah. Selanjutnya, setelah launching ini maka akan dilaksanakan tahap perhitungan dan penilaian beban kerja berbasis teknolohi aplikasi E-Kelembagaan ini”, terang Azizah.

Dalam sambutan Bupati Muba diwakili oleh Sekda Muba Drs. H Apriyadi M.Si, menyampaikan bahwa implementasi aplikasi ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, cerdas, dan transparan serta ASN yang professional, berkompeten dibidangnya dan memiliki integritas serta kualitas kinerja yang tinggi.

“Saat ini sudah saatnya kita melakukan penataan, pembenahan dan perubahan pola pikir, pola kerja yang berorientasi kepada sistem pemerintah, dimana kita harus menempatkan ASN sesuai dengan kompetensi dan kemampuan yang berdasarkan pada penilaian kinerja yang terukur”, ujar Sekda.

Dengan melakukan penilaian kinerja, sambungnya. Yang berdasarkan pada analisa beban kerja yang terukur dan transparan, maka Kabupaten Muba sudah maju selangkah dalam penataan sistem tata kelola kepegawaian.  “Oleh karena itu, dengan digunakannya aplikasi ini maka setiap individu ASN dalam jajaran Pemkab Muba benar-benar dituntut untuk menguasai teknologi informasi dan meningkatkan kinerja sesuai dengan tanggung jawabnya, tambahnya.

Lebih lanjut, selain untuk mengukur kualitas kinerja ASN, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai dasar dalam pembinaan, penilaian, dan pengembangan kepegawaian seperti informasi kebutuhan pegawai dalam satu instansi, jenis keahlian yang diperlukan serta pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas ASN. (WindaC)

 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.