Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Warga Nibong Baroh Gelar Kenduri Turun Sawah

Senin, 29 Januari 2018 | 7:56 pm
Reporter: Mahdi
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 444

Red

Red

Lhoksukon LintasPe-
 
Masyarakat Gampong Nibong Baroh Kecamatan Nibong Aceh Utara yang bermayoritas seorang petani melaksanakan kenduri Turun ke sawah. Prosesi acara kenduri blang (turun sawah) merupakan suatu tradisi yang berlaku dalam masyarakat Aceh. Senin (29/01/2018).

 
Kegiatan kenduri ini lebih menjunjung untuk memperkuat silaturahmi antar petani karena menjadi kegiatan berkumpul, berdoa dan makan bersama keluarga petani. Kemudian acara makan bersama itu di dahului dengan doa bersama yang dipimpin oleh Para teungku dan sambutan dari geuchik (kepala desa) setempat.
 
Geuchik Gampong Nibong Baroh Khairdir mengatakan bahwa kenduri ini, selain dapat makan bersama, juga sebagai kegiatan untuk mempererat silaturahmi sesama petani agar senantiasa kompak dalam bergotong-royong membersihkan irigasi yang tersumbat usai panen.
 
Kenduri ini, sambungnya. Merupakan tradisi yang umumnya dilaksanakan petani di Aceh usai panen raya dan sebelum kembali mengerjakan sawahnya. “Keanekaragaman budaya dan kebiasaan tersebut masih dilakukan secara turun temurun sampai sekarang. Bahkan generasi muda di Aceh sekarang banyak yang tidak mengetahui sejak kapan kebiasaan itu dimulai,” jelasnya. (Mahdi) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.