Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Netralitas TNI Dalam Dialog Interaktif RRI Palembang

Rabu, 28 November 2018 | 10:11 pm
Reporter: Red/Rilis
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 70

PALEMBANG SUMSEL, LintasPe

Komando Daerah Militer (Kodam) II/Sriwijaya menyelenggarakan rangkaian acara Dialog Interaktif yang disiarkan secara langsung pada hari Rabu (28/11/18) pukul 10.00 WIB melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Palembang Pro 1 FM. 92,4 MHz  dengan mengambil tema “Netralitas TNI dalam Pilpres dan Pileg2019”.

Dalam dialog yang membahas tetang Netralitas TNI dalam Pemilu ini sebagai Narasumber  Kapten Arm Oki Iman Pabanda Wanwil Sterdam II/Sriwijaya yang didampingi Mayor Caj (K) Siti C Launiyi Kasi Medlek Pendam II/Sriwijaya dan Kapten Chb (K) Ermawati Kaur Medlek Pendam II/Sriwijaya dengan Presenter Mbak Lisa dari RRI Palembang.

Sebagai pembuka acara dialog, Kapten Arm Oki Iman menyampaikan, peran TNI sebagai alat negara dibidang pertahanan, yang bertugas menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankana keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. “Sesuai Undang Undang Nomor 34 tahun 2004, salah satu tugas TNI adalah membantu Polri dalam tugas Kamtibmas, sehingga TNI bersinergi bersama Polri dalam pengamanan pesta demokrasi yaitu Pemilu 2019 di wilayah Sumbagsel. Dan kami akan selalu senantiasa menjaga Netralitas TNI Polri yang sudah berjalan selama ini”, terang Kapten Oki.

Lebih lanjut, Pabanda Wanwil Sterdam II/Sriwijaya juga menyampaikan implementasi dalam Netralitas TNI Polri dalam Pemilu yaitu dengan tidak memihak/memberi dukungan kepada kontestan Pemilu, tidak terlibat dalam rangkaian kegiatan Pemilu dan tidak ikut campur/memberi arahan dalam menentukan hak pilih. “Kami akan Netral dengan melarang seluruh anggota TNI untuk terlibat pada kegiatan Pemilu diluar tugas dan fungsi TNI”, tegas Pabanda Wanwil.

Pada seasen interaktif, banyak tanggapan dari berbagai lapisan masyarakat pendengar dalam mengikuti acara dialog tersebut, baik melalui telepon maupun SMS/WA, khususnya masyarakat  yang ada di wilayah Sumsel bahkan dari luar Sumsel yang sangat memberikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan tersebut.

Hampir sekitar 1 jam Kapten Oki Iman yang didampingi Mayor Launiyi dan Kapten Ermawati memaparkan tentang penggunaan Netralitas TNI dengan dipandu seorang penyiar yang sarat pengalaman.  Penyiar membuka pertanyaan awal kepada Kapten Oki agar memancing para pendengar setia RRI Palembang untuk memberikan pertanyaan sehingga dialog interaktif ini berjalan dengan baik dan lancar. Upaya ini berhasil karena sampai diakhir acara dialog banyak penelpon penanya dari responden.

Diakhir dialognya, Kapten Oki berpesan kepada seluruh prajurit jajaran Kodam II/Sriwijaya melalui RRI Palembang, bahwa salah satu bentuk profesionalisme TNI adalah dengan menjaga Netralitas TNI. TNI tidak boleh terlibat politik praktis dalam bentuk apapun TNI adalah alat Negara, TNI adalah milik rakyat bukan milik partai politik, dan profesionalisme TNI kita persembahkan untuk Rakyat.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.