Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Program TMMD Ke-103 Kodim 0405/Lahat Meningkatkan Akselerasi Pembangunan Daerah

Senin, 15 Oktober 2018 | 9:40 pm
Reporter: Red/Rilis
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 108

 

LAHAT SUMSEL, LintasPe-

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018 di wilayah Kodim 0405/Lahat, secara resmi dibuka oleh Bupati Lahat, Cik Ujang, S.H. bertempat di lapangan Desa Muara Dua Kec. Pagar Gunung Kab. Lahat dengan mengambil tema “TNI manunggal rakyat dalam mewujudkan desa yang maju, sejahtera dan demokratis”, Senin (15/10/2018).

Dalam upacara pembukaan program TMMD di wilayah Kodim 0405/Lahat ini diikuti personel dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, Sat Pol PP dan aparat pemerintah Desa serta Pramuka di Kabupaten Lahat. Dan dihadiri oleh Bupati Lahat, Cik Ujang, S.H., Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Sungudi, S.H., M.Si., Wakapolres Lahat Kompol Alex, Kajari Lahat, Ketua DPRD Lahat, Ketua Pengadilan Agama Lahat, para Camat se-Kabupaten Lahat dan Para Kades se-kecamatan Pagar Gunung

Pada rangkaian kegiatan upacara pembukaan TMMD ke-103 ini, Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. menyerahkan naskah MoU program TMMD ke-103 kepada Dandim 0405/Lahat selaku Dansatgas TMMD dan juga dilakukan penyematan tanda peserta dan penyerahan alat kerja kepada perwakilan peserta. Selanjutnya Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Sungudi, S.H., M.Si. selaku Dansatgas TMMD melaporkan rencana pelaksanaan TMMD ke-103 TA 2018 dengan waktu pelaksanaan selama 30 hari sejak 15 Oktober sampai 13 November 2018 mendatang.

Dalam sambutannya, Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. selaku Inspektur Upacara dan atas nama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Lahat menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas diberikannya kepercayaan kegiatan TMMD di Kabupaten Lahat. “TMMD merupakan suatu kegiatan yang positif dalam membangkitkan semangat gotong royong masyarakat yang selama ini terus digalakkan. Dan program ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” terang Bupati Lahat.

Selain itu, Cik Ujang, S.H. juga berharap pemerintah dan masyarakat sekitar dapat membantu dan mensuport kegiatan ini sehingga kedepannya kita masyarakat sendiri yang merasakan dan menikmati pembanguan itu sendiri.

Sementara itu, Komandan Kodim 0405/Lahat Letkol Kav Sungudi, S.H., M.Si.  dalam laporannya menyampaikan, bahwa program TMMD ke-103 di wilayah Kodim 0405/Lahat pelaksanaannya berdasarkan Surat Telegram Danrem 044/Gapo Nomor ST/58/2018, dengan melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik. “Program TMMD ini bertujuan untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat serta dalam rangka membantu otorita sipil dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat dan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri,” jelas Dandim.

Adapun sasaran kegiatan dalam TMMD kali ini meliputi kegiatan fisik berupa pembuatan jalan penghubung Desa Atar Dalam dengan Desa Muara Dua sepanjang 3 Km lebar 6 m, tembok penahan air 400 m, pembuatan plat duiker W1 5 unit, rehab Masjid Nurul Iman 1 unit, pembuatan Pos Kamling 2 unit, pembuatan pemandian umum 1 unit dan bedah rumah 2 unit. Sedangkan kegiatan non fisik diantaranya penyuluhan kesehatan dan pelayanan pengobatan gratis, sunatam massal, pelayanan KB/Kes, bazar sembako, penyuluhan pertanian, penyuluhan bahaya narkoba,  penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan hukum, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan serta sosialisasi rekrutmen TNI.

 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.