Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Tuntaskan Masalah Listrik di Lalan, Pemkab Muba Bangun PTLMG

Rabu, 6 Desember 2017 | 4:02 am
Reporter: Rendy Pradana (Berita Muba)
Posted by: Lintas Peristiwa
Dibaca: 554

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus menekan masalah krisis listrik, kali ini melalui Badan Usaha Milik Daerah Muba PT Petro Muba bekerja sama dengan PT Matriks Mas Rekatama guna membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Desa Margo Mulyo Kecamatan Tungkal untuk mengaliri memasok listrik ke Kecamatan Lalan.

Hal tersebut terungkap dalam acara penjelasan dan persiapan teknis perencanaan pembangunan pembangkit PLTMG 20 MW dan pembangunan jaringan transmisi saluran udara tegangan menengah 20 KV di Desa Margo Mulyo Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Muba menuju Desa Karang Agung oleh Konsorsium PT Petro Muba dan PT Matrix Mas Rekatama, di Meeting Room Hotel Ranggonang Sekayu, Selasa (5/12/2017).

Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Plt Sekretaris Daerah Muba Drs H. Apriyadi Mahmud MSi pada kesempatan tersebut mengatakan Pemkab Muba mendukung penuh pembangunan PLTMG yang dilakukan PT Matriks Mas Rekatama, dan meminta agar pembangunan dapat dipercepat. “Kepada PT Petro Muba dan PT MEP kami berepesan agar serius mengawal kegiatan ini (pembangunan PLTMG),” ujar Apriyadi. Plt Sekda Muba juga menghimbau kepada Perangkat Daerah terkait untuk mendukung dari sisi administrasi.

“Soal perizinan kawan-kawan perangkat daerah kami minta semuanya di dukung. Proses administrasi juga harus jalan, kita tidak mau, pembangunan PLTMG ini berjalan ini tidak ada izin resmi,” tambah Plt Sekda.

Direktur Utama PT Petro Muba H Yuliar SE mengungkapkan dalam kegiatan ini sebagai BUMD Kabupaten Muba akan membangun PLTMG dengan kapasitas 16-20 MW yang akan dibangun di Desa Margo Mulyo Kecamatan Tungkal Jaya, dengan memanfaatkan gas dari Pertagas Niaga (Job Pertamina Jambi Merang Talisman) sebesar 4MMSCFD. Serta membuat interkoneksi berupa ekspress feeder A3CS sepanjang 80 KM ke Kecamatan Lalan. “Direncanakan pembangunanannya akan dilaksanakan pertengahan September 2017 dengan memakan waktu selama 8-9 bulan, yang dananya dari PT Matriks Mas Rekatama,” ungkap Yuliar.

Lanjut Yuliar kerjasama dengan PT Matriks Mas Rekatama terjalin karena perusahaan tersebut memenangi Beauty Contest yang diselenggarakan PT Petro Muba pada tanggal 4-5 September 2017 lalu. “Mudah-mudahan kerjasama ini dapat menuntaskan krisis listrik di Lalan, dan menghapus subsidi dari pemerintah daerah yang membebani APBD, sehingga penghematan subsidi dapat membiayai kegiatan pembangunan dibidang lain,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur PT Matriks Mas Rekatama Wedy Aksana Setiawan dalam paparannya menuturkan pembangunan pembangkit listrik ini didirikan diatas lahan seluas 5000 meter kubik. Dengan mesin pembangkit merek Mitsubishi Jepang, berkapasitas 6000 KW per unit, berbahan bakar natural gas.

“Kita akan sediakan empat unit mesin kapasitas terpasangnya 24 MW, tapi nanti akan dioperasikan tiga unit saja yang satu kita standbykan,” tuturnya. Untuk pembangunan jaringan transmisi SUTM 20 kV, dibangun sepanjang 80 km dari Desa Margo Mulyo sampai ke Desa Karang Agung. Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Plt Asisten III Setda Muba Erdiansyah, Kepala Bappeda Muba Drs H M Yusuf Amilin, kepala Perangkat Daerah Muba, serta Camat Tungkal Jaya, Bayung Lencir, dan Camat Lalan.

(Penulis: Rendy Pradana
sumber berita muba

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.