Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

42 Anggota PPK Muba Pada Pemilu 2019 Resmi Dilantik

Senin, 5 Maret 2018 | 1:20 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 765

Sebanyak 42 orang peserta anggota PPK telah dilantik dan diambil sumpah / janji pada Pemilihan Umum Tahun 2019 oleh KPU Muba digedung Dharma Wanita Sekayu. Senin (05/03/2018).

penyerahan surat keputusan secara simbolis oleh Ketua KPU Muba di Gedung Dharma Wanita. Senin (05/03/2018)

 

Sekayu Muba LintasPe-

Sebanyak 42 orang peserta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah dilantik dan diambil sumpah / janji untuk mengembankan tugas pada Pemilihan Umum Tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), digedung Dharma Wanita Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu. Senin (05/03/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Muba diwakili oleh Asisten bidang Pemerintahan Protokol dan Kesra H. Rusli SP., MM., Ketua KPU Kabupaten Muba H. Ahmad Firdaus Marvel’s SE., M.Si beserta Anggota Komisioner KPU Muba, Ketua Panwaslu Muba Dodi Safari, SE., Danramil Sekayu Kapten Inf Heriyanto mewakili Dandim 0401/Muba, Perwakilan Badan Kesbangpol dan Polres Muba. 

Prosesi pelantikan / pengucapan sumpah / janji diawali dengan laporan penyelenggara dan pembacaan surat keputusan penetapan PPK oleh Sekretaris KPU Kabupaten Muba. Nurmilah S. Ip.  Dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji oleh anggota PPK dipandu Ketua KPU Muba H. Ahmad Firdaus Marvel’s SE., M.Si., dan penandatanganan naskah berita acara sumpah jabatan PPK serta penyerahan surat keputusan secara simbolis dan kata pelantikan.

Ketua  KPU Muba H. Ahmad Firdaus Marvel’s SE., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan ini KPU berpedoman pada PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal kegiatan pelaksanaan Pemilu tahun 2019, PKPU Nomor 3 Tahun 2018 tentang  tata cara pembentukan PPK, PPS, Surat keputusan KPU RI Nomor 31 tentang petunjuk teknis pembentukan PPK dan PPS,  dan Surat Keputusan KPU Muba Nomor 41 tentang penetapan tes dan wawancara panitia pada pemilu 2019.

Penyelenggaraan pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dapat terwujud apabila dilaksanakan oleh penyelenggara pemilihan umum yang mempunyai integritas, profesionalitas dan akuntabilitas.

“Maka dari itu, perlu kami sampaikan bahwa dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemilu, kita perlu menyiapkan perangkat pelaksana yang benar-benar bertanggung jawab dan mau bekerja keras demi kelancaran dan suksesnya pelaksanaan pemilu nantinya”, ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, perangkat pelaksana tersebut adalah panitia pemilihan kecamatan untuk ditingkat kecamatan, panitia pemungutan suara untuk ditingkat desa dan kelurahan serta kelompok penyelenggara pemungutan suara untuk tiap – tiap TPS.

PPK, PPS, dan KPPS merupakan lini terpenting dalam suksesnya penyelenggaraan pemilukada karena merekalah ujung tombak dan perpanjangan tangan dari KPU yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Plt Bupati Muba diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Protokol dan Kesra, H. Rusli SP., MM., mengucapkan selamat kepada anggota PPK Kabupaten Muba yang baru saja dilantik.

Pelantikan sebagai anggota PPK menunjukkan kapabilitas dan kepatutan untuk mengemban amanat serta ikut berperan dalam penyelenggaraan pemilihan umum 2109 supaya berjalan lancar, aman dan damai.

Peran PPK dalam menciptakan pemilu 2019 yang lancar sangatlah besar, oleh karenanya kepercayaan ini harus disyukuri dengan melaksanakan tugas, peran dan fungsi PPK sebaik baiknya dan sebagai anggota PPK diharapkan lebih berperan dalam mendorong masyarakat untuk sadar memilih pada pemilu tahun 2017.

“Saya berpesan kepada anggota PPK se-Kabupaten Muba untuk dengan tulus ikhlas melaksanakan amanat sebagai anggota PPK, pelajari dan pahami tugas, peran dan wewenang PPK, senantiasa berkoordinasi, bekerja sama dan saling mensupport, lakukan sosialisasi pendekatan dengan anggota masyarakat khususnya di wilayah kecamatan agar menggunakan hak pilihnya jangan sampai golput”, katanya. (WindaC).

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.